Ini Dia Proses Melahirkan Normal Secara Detail Agar Ibu Punya Bekal Pengetahuan
in

Ini Dia Proses Melahirkan Normal Secara Detail Agar Ibu Punya Bekal Pengetahuan

Pengin tahu proses melahirkan normal secara detail?

Apa sih yang sebenarnya terjadi pada diri kita sendiri saat tanda-tanda melahirkan mulai datang? Apa yang sebenarnya terjadi dengan si janin yang secara bertahap keluar dari rahim kita hingga akhirnya dapat kita peluk penuh cinta?

Apa yang sebenarnya terjadi pada jam-jam perjuangan yang panjang dalam hidup seorang ibu itu?

Kenali yang terjadi pada diri ibu dan juga janin di setiap pembukaan pada proses melahirkan normal secara detail dalam artikel ini.

 

Tahapan proses melahirkan normal secara detail

 

Berikut proses melahirkan normal secara detail.
Berikut proses melahirkan normal secara detail. Image via Pregnant.sg.

Pembukaan 1

Pada tahap ini, mulut rahim ibu akan mengalami pembukaan sebesar 1 cm, meski janin sebenarnya masih berdiam diri dengan kepala yang sudah berada tepat di jalan lahir.

Ibu akan merasa mulas dan nyeri di bagian punggung dan/atau pinggang, meski tingkat kenyeriannya masih sangat rendah. Beberapa ibu yang tingkat toleransi terhadap sakitnya tinggi bahkan belum merasa apa-apa.

Apa yang dialami bisa saja berbeda, tapi umumnya akan mengalami keluar lendir bercampur bercak darah, dengan darah yang kadang tak sampai keluar ke celana yang dipakai. Kontraksi masih jarang, sehingga ibu masih bisa melakukan beberapa aktivitas ringan rutinnya seperti biasa.

 

Pembukaan 2

Mulut rahim ibu telah mengalami pembukaan sebesar 2 cm. Mulas semakin intens terasa, perut pun terasa seperti kram. Kurang lebih seperti saat kita menstruasi. Beberapa ibu juga akan mengalami pusing yang juga mulai terasa mengganggu, disertai nyeri punggung, mual, kembung, bahkan diare.

Sementara, masih belum ada pergerakan dari janin di dalam rahim. Posisinya masih sama, sudah berada di jalan lahir.

 

Pembukaan 3

Posisi janin semakin turun dan secara berangsur semakin mengarah ke rongga panggul. Ibu akan mengalami kontraksi dengan jeda waktu 30 – 60 menit. Jika kontraksi bertambah berat dan semakin teratur, maka inilah saatnya ibu segera berangkat ke rumah sakit, rumah bersalin, ataupun bidan.

 

Pembukaan 4

Janin semakin terdorong turun seiring setiap kontraksi yang terjadi. Sebagai reaksi, mulut rahim secara berangsur pula akan menipis dan semakin terbuka.

Gejala paling khas dari proses melahirkan normal tahap ini adalah pecahnya air ketuban, yang merupakan gejala semakin terbukanya jalan lahir janin.

Meski demikian, tak semua ibu hamil akan mengalami pecah ketuban di pembukaan 4. Ada pula ibu hamil yang mengalami hal ini di pembukaan 5 atau 6.

 

Pembukaan 5

Kepala janin sudah berada dalam posisi melintang di salah satu panggul, secara bertahap mulai berputar dan menghadap ke rongga panggul jalan lahirnya.

Kontraksi terjadi dalam rentang waktu 30 – 60 menit, tapi terasa lebih intensi ketimbang pembukaan 4.

 

Pembukaan 6

Kontraksi akan terasa semakin kuat, selang waktunya semakin rapat yaitu sekitar 3 – 5 menit dengan lama kontraksi mencapai 1 – 1,5 menit per kontraksi yang dirasakan. Hal ini sebagai reaksi dari semakin terdorongnya janin ke dalam rongga panggul, dan kepalanya sudah mulai melewatinya.

Ibu harus tetap tenang, jangan sampai merasa panik.

 

Pembukaan 7

Pada tahap ini, janin memutar kepalanya 90 derajat hingga wajah akan menghadap ke arah rektum.

Selama janin melakukan rotasi internal ini, ibu mungkin akan mulai merasa kewalahan lantaran kontraksi terasa terus seakan tanpa jeda. Rentang waktunya hanya 2 – 3 menit, dengan durasi 1,5 menit dengan puncaknya yang begitu kuat.

 

Pembukaan 8

Janin semakin berusaha keras untuk terus meluncur keluar melalui jalan lahirnya yang sudah terbuka lebar.  Kontraksi yang terasa semakin intens memungkinkan bayi untuk bergerak lebih cepat.

Akibatnya, ibu akan merasakan tekanan di area bawah punggung yang semakin kuat. Tekanan ini juga terasa sampai ke anus, hingga menimbulkan rasa panas di sekujur tubuh yang kemudian berganti dengan keluarnya keringat dingin.

Mungkin ibu akan merasa mengantuk, lantaran aliran oksigen terfokus untuk membantu memperlancar proses melahirkan normal sehingga distribusi ke otak berkurang. Tapi ibu harus berusaha, menjaga supaya jangan sampai tertidur.

Pembukaan 9

Janin sudah berada di rongga panggul seluruhnya, dan semakin turun seiring terjadinya setiap kontraksi. Namun, ibu masih belum diinstruksikan untuk mengejan, karena kondisi pembukaan ini belumlah sempurna.

Sampai pada tahap ini, mungkin ibu akan merasa frustrasi. Rasa sakit sudah mendera, tetapi belum ada yang bisa dilakukan. Peran orang-orang terdekatnya akan sangat penting untuk membantu ibu tetap tenang dan sabar.

 

Pembukaan 10

Kepala janin semakin turun dan biasanya akan dinyatakan siap untuk dilahirkan.

Dokter atau tenaga medis akan memberi instruksi pada ibu untuk mulai mengejan seiring tekanan semakin besar di otot-otot dasar panggul.

Vulva atau bagian luar alat kelamin ibu akan membuka, otot perineum–yaitu area di antara vagina dan anus–juga akan terasa menegang. Rasa mulas akibat kontraksi akan semakin cepat, kuat, dan lama.

Begitu aba-aba  mengejan sudah diberikan, maka dokter, bidan, ataupun tenaga medis lain akan mulai membantu ibu melalui proses melahirkan normal ini. Praktikkan teknik pernapasan yang sering dilatih saat senam kehamilan, agar ibu kuat untuk mengejan sehingga bayi pun lahir dengan selamat dan lancar.

 

Nah, demikianlah tahapan proses melahirkan normal secara detail yang dapat dijelaskan.

Memang luar biasa sekali peristiwa kelahiran ini ya? Konon katanya, sakitnya persalinan ini setara dengan beberapa tulang yang diremukkan secara bersama-sama.

Namun, ibu harus tetap tenang. Ingat-ingat apa saja yang sudah dipelajari sebelumnya untuk meminimalisasi rasa sakit akibat melahirkan.

Semoga proses melahirkan normal yang harus dilalui lancar dan ibu lekas pulih ya!

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Makan Sehat Tak Berarti Harus Selalu Nasi - Coba Penuhi Semua Nutrisi yang Diperlukan Tubuh!

Makan Sehat Tak Berarti Harus Selalu Nasi – Coba Penuhi Semua Nutrisi yang Diperlukan Tubuh!

Begini Lo Perawatan Wajah Alami ala Korea yang Bikin Muka Flawless Sepanjang Hari

Begini Lo Perawatan Wajah Alami ala Korea yang Bikin Muka Flawless Sepanjang Hari