Tip Melakukan Babymoon - Liburan untuk Ibu Hamil demi Menjaga Agar Jauh dari Stres
in

Tip Melakukan Babymoon – Liburan untuk Ibu Hamil demi Menjaga Agar Jauh dari Stres

Ada honeymoon, ada juga babymoon. Babymoon merupakan istilah untuk menyebut liburan sebelum datangnya hari persalinan bagi ibu hamil.

Hmmm. Penting ya melakukan babymoon itu? Yah, seperti juga alasan traveling pada umumnya, biasanya dilakukan agar kita bisa merasa rileks dan segar. Babymoon ini juga perlu dilakukan untuk menambah kebahagiaan si calon ibu dan ayah, agar semakin merekatnya ikatan batin antara mereka dalam rangka mempersiapkan diri menyambut anggota keluarga baru.

Setiap ibu yang mengandung pasti tak sabar menanti kehadiran si buah hati. Ya, semua ibu hamil pasti merasakannya. Ketidaksabaran ini kadang justru membuat para calon ibu ini akhirnya merasa lelah, stres, bahkan sampai ada yang mengalami baby blues karena merasa tak siap dengan kondisi barunya tersebut.

Nah, makanya nih. Sebelum kita benar-benar berganti status dari seorang wanita biasa menjadi seorang ibu, masuk ke dunia yang baru, ada baiknya kita menyiapkan diri dengan cara memberi ‘hadiah’ perjalanan libur berdua dengan suami sebelum persalinan. Itung-itung juga sebagai honeymoon kedua, kalau kita sudah pernah melakukannya dulu setelah menikah.

Yes, menyambut kelahiran bayi dengan suasana hati yang bahagia pastinya akan menambah kebahagiaan saat akhirnya bertemu dengan bayi kita nanti. Lagi pula, saat buah hati kita lahir nanti, boro-boro buat liburan, untuk berduaan dengan suami saja susah!

Nah, maka dari itu, ayo manfaatkan kualitas liburan babymoon dengan tips berikut ini yuk!

 

10 Tip lakukan babymoon untuk menjaga ibu hamil jauh dari stres

 

Tip melakukan babymoon.
Tip melakukan babymoon. Image via Pregnancy View.

1. Lakukan pada trimester kedua

Karena pada kita sudah memasuki trimester kedua ini, kita sudah mulai merasa nyaman dengan kondisi kehamilan kita.

Biasanya juga, umumnya dokter tidak akan menyarankan ibu hamil untuk bepergian di trimester pertama, lataran ditakutkan perjalanan bisa akan terganggu oleh morning sickmess yang masih sering datang.

Begitu juga pada trimester ketiga, ibu hamil tidak akan disarankan untuk melakukan perjalanan sebab semakin besar perut, semakin sulit pula bagi ibu untuk berjalan jauh. Ruang gerak pun bisa terganggu. Tak nyaman.

 

2. Hindari pergi sendiri

Meski kondisi dinyatakan sehat dan fit, tapi sebaiknya jangan pergi traveling sendirian apalagi jika jauh. Idealnya, mintalah pasangan untuk menemani ber-babymoon.

Tak hanya sebagai teman, tujuannya lebih agar pasangan siap membantu kita jikalau Mama mengalami kondisi darurat. Jika suami tidak bisa menemani, pastikan ada orang terdekat kita yang ikut, misalnya kakak, adik, ibu, atau sahabat.

 

3. Pilih lokasi liburan yang tak terlalu jauh

Ya, pilihlah lokasi liburan yang tak terlalu jauh, setidaknya tak membutuhkan waktu tempuh lebih dari 6 jam untuk sampai di sana.

Kita mesti ingat, bahwa tujuan utama dari liburan babymoon ini adalah untuk istirahat dan relaksasi. Kalau lokasi liburan terlalu jauh, perjalanan jauh yang harus kita lakukan bisa jadi justru membuat tubuh kita malah terlalu lelah dan stres.

Kelelahan bisa berbahaya lo, untuk ibu hamil.

 

4. Gunakan transportasi yang aman

Kita mesti ingat, bahwa di dalam perut, ada janin yang harus dijaga keamanan dan kenyamannya. Maka dari itu, pilihlah jenis transportasi yang nyaman.

Sebaiknya pilih transportasi yang punya tempat duduk yang tidak sempit, sehingga masih ada ruang agar kaki bisa diluruskan. Pastikan juga minim goncangan yang hebat selama dalam perjalanan.

 

5. Konsultasikan dengan dokter

Kondisi kandungan ibu hamil perlu dilihat, apakah layak untuk menempuh perjalanan atau tidak. Apalagi jika ibu memutuskan pergi ke luar kota atau keluar negeri untuk melakukan babymoon.

Termasuk apakah kita perlu untuk mendapatkan vaksin atau tindakan preventif tertentu sebelumnya.

 

6. Lokasi penginapan dekat dengan fasilitas kesehatan

Pastikan ada rumah sakit dan klinik terdekat di lokasi liburan untuk antisipasi jika ada sesuatu terjadi pada diri ibu hamil. Bagaimanapun, bersiap untuk hal yang tak diinginkan akan lebih baik, bukan?

Jangan lupa untuk minta dokter rujukan yang dekat dengan lokasi penginapan, serta bawalah juga buku periksa kehamilan untuk mempermudah melihat sejarah kandungan ibu hamil.

 

7. Persiapkan kebutuhan kehamilan dengan benar

Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya?

Catatan nomor telepon penting, obat atau vitamin dari dokter, bantal, kipas angin, permen penghilang mual, dan losion anti nyamuk yang aman untuk ibu hamil, wajib dibawa.

 

8. Jangan sembarangan minum air

Ibu hamil memang mudah haus, tapi jangan mudah terpedaya oleh minuman yang dijajakan di lokasi rekreasi atau di pinggir jalan.

Akan lebih baik kita membawa air mineral kemasan yang dibeli dari toko terpercaya. Agak repot, tapi yang penting aman. Betul?

 

9. Lakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan dan romantis

Ya, karena nanti setelah si bayi lahir, kita akan susah menemukan waktu buat berdua saja bersama pasangan, maka lakukan hal-hal yang menyenangkan selagi bisa.

Misalnya menonton bioskop atau teater, menonton pertandingan olahraga, melakukan perawatan spa, makan malam di outdoor, dan lain sebagainya.

Pokoknya, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bersenang-senang! Nikmati suasana berdua saja, mumpung belum ada tangis bayi yang mewarnai hari-hari.

 

10. Hindari kegiatan berat

Ya, hindari melakukan kegiatan high impact atau yang berbahaya untuk ibu hamil, seperti menyelam, memanjat, bersepeda atau berlari. Pilihlah aktivitas-aktivitas yang mengutamakan relaksasi, alih-alih memacu adrenalin.

Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain jika diperlukan. Setiap orang akan dengan senang hati membantu ibu hamil kok.

 

Nah, selamat bersenang-senang di lokasi liburan babymoon ya! Semoga setelah pulang, kita semakin siap menyambut kehadiran si anggota keluarga baru.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Pilihlah Baju Hamil yang Nyaman - Berikut Tip dan Trik Lengkapnya!

Pilihlah Baju Hamil yang Nyaman – Berikut Tip dan Trik Lengkapnya!

Tip Memijat Bayi untuk Memaksimalkan Pertumbuhannya

Begini Cara Memijat Bayi untuk Memaksimalkan Pertumbuhan dan Kesehatannya