Pilihlah Baju Hamil yang Nyaman - Berikut Tip dan Trik Lengkapnya!
in

Pilihlah Baju Hamil yang Nyaman – Berikut Tip dan Trik Lengkapnya!

Saat sedang hamil, pastinya akan ada perubahan bentuk tubuh pada diri kita yang bisa jadi membuat kita tak nyaman. Karena itu, memilih baju hamil yang pas–pas di tubuh, nyaman untuk bergerak, dan tak mahal–bisa menjadi permasalahan besar bagi sebagian ibu hamil.

Ya, ukuran tubuh–terutama perut–yang semakin lama kian bertambah ukurannya plus segala macam tetek bengek yang menyertainya kadang membuat kita harus lebih teliti saat memiliih baju. Pasalnya, kalau biasanya kita bisa memilih baju yang asal membuat diri sendiri nyaman saja sudah cukup, sekarang sudah tidak bisa begitu lagi. Ada janin yang sedang bertumbuh di dalam perut yang juga harus dijaga kenyamanannya.

Biasanya para ibu hamil memang mengutamakan kenyamanan mereka ya. Ada yang lebih suka pakai gamis, ada juga yang memilih celana dan blus yang memang longgar. Untuk di rumah, biasanya baju hamil favoritnya adalah daster atau kalau enggak ya, celana panjang atau pendek dengan karet pinggang yang dipadukan dengan kaus atau T-Shirt yang juga longgar.

Untuk bahannya biasanya juga secara otomatis memilih yang ringan, yang terpenting adalah yang bisa menyerap  keringat dengan mudah. Namanya ibu hamil, biasanya keringatnya juga banyak lantaran gampang gerah. Apalagi kalau sudha masuk ke trimester ketiga. Bawannya kepanasan terus deh.

Nah, bagi para (calon) ibu yang saat ini sedang hamil dan atau tengah merencanakan kehamilan, berikut ini ada beberapa tip yang mungkin berguna, mengenai cara memilih model baju hamil yang nyaman tapi tetap modis.

Tip memilih baju hamil yang sesuai dengan perubahan tubuh dan hormon ibu hamil

 

Memilih baju hamil.
Memilih baju hamil. Image via All4Women.

1. Pilih model baju hamil yang membuat kita leluasa bergerak

Untuk pilihan model baju hamil, sekarang ada banyak sekali yang bisa kita pilih, dan disesuaikan dengan keinginan. Tak selalu berbentuk daster dan blus longgar saja, malah ya.

Dengan banyaknya model kekinian ini, ibu hamil pun tetap bisa memilih baju dengan leluasa, terlihat modis dan cantik, plus dengan bahan yang nyaman dipakai, sehingga ibu hamil bisa tetap menjalankan aktivitas seperti biasa.

Untuk bahan, baju hamil yang terbuat dari bahan katun, flanel atau denim, bisa jadi alternatif yang bagus. Jika usia kehamilan masih di bawah 5 bulan, baju model overall atau jumpsuit, celana jeans karet ataupun A-skirt masih bisa untuk dipakai, karena perut belum terlalu besar.

Untuk belanja baju hamil, kini juga sudah tak perlu susah-susah lagi. Banyak sekali toko online yang menjual dan memberikan pilihan terbaiknya. Yang penting, pastikan untuk membaca dulu spesifikasi produknya dengan saksama, terutama soal ukuran, bahan, harga, cara pengiriman dan sebagainya.

2. Pilih model baju hamil yang modis saat datang ke acara resmi

Permasalahan yang kemudian mungkin akan terjadi adalah karena model baju hamil yang dipilih kebanyakan yang nyaman sehingga modelnya cenderung lebih santai atau kasual.

Nah, permasalahan ini agak merumit saat kita harus menghadiri acara resmi. Tak mungkin mengenakan baju yang terlalu kasual, tapi juga pengin tetap nyaman.

Berikut ada beberapa tip berdandan dan memilih baju hamil yang bisa dicoba untuk dikenakan ke acara resmi:

  • Dress atau Gaun, misalnya, dress dengan model baby doll, ataupun tunik yang longgar dengan payet-payet cantik yang akan membuatnya tampak mewah. Ingatlah untuk selalu memilih bahan yang tidak kaku dan panas saat dikenakan tapi tetap mewah. Ada beberapa pilihan, misalnya kain chiffon.
  • Tambahkan aksesori yang sesuai. Trik ini bisa membedakan penampilan kita dengan keseharian yang santai. Kenakan kalung, choker, gelang atau anting yang lebih kinclong dari biasanya, tapi juga jangan berlebihan.
  • Gunakan outwear, misalnya kardigan, blazer, atau sekadar shawl yang melilit leher dengan cantik. Item-item ini bisa memberikan kesan formal secara instan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman. Jika usia kehamilan sudah besar, sebaiknya hindarilah mengenakan high heels. Selain bisa membuat cepat lelah, pemakaian high heels juga bisa membahayakan ibu hamil lantaran bisa berisiko jatuh. Lebih baik kenakan flat shoes. Zaman sekarang pilihan flat shoes juga banyak sekali, dan semua cantik-cantik.

 

3. Model Baju Hamil untuk Ibu Hamil yang Berhijab

Untuk ibu hamil yang mengenakan hijab, sebenarnya malah semakin mudah memilih baju hamil yang cocok dan nyaman.

Beberapa model baju yang biasa dikenakan oleh wanita berhijab biasanya juga cocok dikenakan oleh ibu hamil, contohnya saja maxi dress, baju kurung, ataupun tunik. Tinggal sesuaikan saja bahan dan juga warnanya, agar sesuai dengan tren kekinian dan kepribadian kita.

Untuk hijabnya, sebaiknya pilih yang simpel saja, dan bisa dengan mudah dan cepat dikenakan. Jangan memaksakan diri membuat model hijab yang rumit, karena nanti bisa malah mempersulit gerak kita sendiri.

 

Demikian beberapa tips cara memilih baju hamil yang nyaman tapi tetap modis untuk dikenakan di segala suasana.

Selamat menjalani kehamilan dengan nyaman dan sehat ya!

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

Begini Lo Perawatan Wajah Alami ala Korea yang Bikin Muka Flawless Sepanjang Hari

Begini Lo Perawatan Wajah Alami ala Korea yang Bikin Muka Flawless Sepanjang Hari

Tip Melakukan Babymoon - Liburan untuk Ibu Hamil demi Menjaga Agar Jauh dari Stres

Tip Melakukan Babymoon – Liburan untuk Ibu Hamil demi Menjaga Agar Jauh dari Stres