7 Pembersih Wajah Alami yang Akan Bikin Muka Makin Glowing Tanpa Mahal
in

7 Pembersih Wajah Alami yang Akan Bikin Muka Makin Glowing Tanpa Mahal

Salah satu kunci terpenting agar selalu terlihat cantik adalah pembersihan wajah yang rutin. Tak harus menggunakan pembersih yang mahal, bahkan kita bisa coba pembersih wajah alami yang lebih aman.

Ya, setelah kita beraktivitas seharian–apalagi di luar rumah, buat yang bekerja di kantor–dan juga untuk para perempuan yang selalu mengenakan makeup di setiap aktivitasnya, pembersih wajah tentunya akan memegang peranan penting.

Lalu, apakah selama ini Anda menggunakan pembersih wajah keluaran pabrik yang harganya mahal itu? Bagaimana kalau kali ini kita coba pembersih wajah alami sendiri?

Yah, membersihkan wajah itu sebenarnya tak perlu harus menggunakan pembersih keluaran pabrik yang iklannya memasang wajah-wajah glowing para artis itu kok. Kita sebenarnya bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Selain lebih mudah ditemukan–barangkali beberapa di antaranya sudah ada di kulkas–bahan-bahan alami ini juga lebih aman untuk kulit kita. Coba kita ingat-ingat, sudah berapa merek pembersih wajah yang kita coba selama ini, sebelum kemudian menemukan yang cocok? Barangkali sekarang pun kita belum juga menemukan yang pas?

Padahal, kesesuaian produk makeup, apa pun itu, dengan jenis kulit itu penting. Pasalnya, kalau tidak, wah, bisa-bisa bukannya cantik yang kita dapatkan, melainkan bencana!

Pembersih wajah alami ini cenderung akan lebih aman untuk jenis kulit apa pun yang kita miliki–kering, berminyak, sensitif, dan sebagainya.

Mau coba? Yuk, kita lihat satu per satu.

 

7 Bahan alami pembersih wajah alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit lebih glowing tanpa mahal

 

Bersihkan wajah dengan bahan alami yuk!
Bersihkan wajah dengan bahan alami yuk! Image via Bestupforyou

1. Avokad

Avokad memang termasuk buah yang kaya nutrisi, yang tak hanya sehat untuk kita konsumsi, tetapi juga sehat jika kita gunakan sebagai pembersih wajah alami.

Kandungan avokad yang kaya akan vitamin dan asam lemak memang sangat baik sebagai nutrisi kulit, selain juga bersifat menghidrasi sehingga kulit wajah kita terjaga kelembapannya.

Caranya cukup mudah. Ambil daging buahnya, lalu haluskan hingga benar-benar lembut. Basuh wajah dengan air bersih, lalu aplikasikan avokad yang sudah lembut tadi ke seluruh wajah dan leher. Diamkan 30 menit, lalu bilas dengan air bersih kembali.

 

2. Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai kandungan nutrisi yang luar biasa. Tak hanya bisa dipakai untuk untuk menyuburkan rambut, tapi getah lidah buaya ini juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami.

Caranya juga mudah. Oleskan potongan lidah buaya ke wajah, lalu diamkan sebentar. Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk yang lembut.

 

3. Susu

Susu mempunyai kandungan asam laktat, yang bisa kita gunakan juga sebagai pembersih wajah alami. Terutama untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, scrubbing dan exfoliating. Susu juga bersifat melembapkan kulit wajah, jadi sangat cocok untuk yang berkulit wajah kering.

Olesi wajah dengan susu, lalu segera bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk yang lembut.

 

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa, atau coconut oil, ini bisa lo kita gunakan juga sebagai pembersih wajah alami, terutama untuk membersihkan bekas rias yang waterproof.

Oleskan coconut oil ke seluruh wajah, setelah itu cuci wajah dengan menggunakan facial foam biasa.

 

5. Pepaya

Pepaya sangat kaya akan betakaroten, vitamin B, vitamin C, dan berbagai enzim yang menyehatkan. Untuk menggunakannya sebagai pembersih wajah alami, kita bisa langsung mengoleskan saja pepaya yang sudah dilembutkan, seperti halnya avokad di atas. Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci dengan air bersih..

Untuk efek yang lebih segar, coba tambahkan madu atau air mawar, dicampurkan sebelum dioles ke wajah.

 

6. Jus mentimun

Jus mentimun konon sangat baik kita minum untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas seharian. Tapi ternyata tak hanya itu saja khasiatnya. Jus mentimun juga bisa berfungsi sebagai pembersih wajah alami, dan juga tonik lo.

Untuk pengaplikasiannya, blender dulu mentimun hingga halus. Setelah itu, oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas dengan lembut dan gerakan memutar.

Jus mentimun ini sangat baik untuk menyembuhkan kulit yang sedang meradang atau terkena iritasi.

 

7. Baby Oil

Baby oil barangkali tak sealami bahan-bahan lain di atas, tapi baby oil ini lebih baik ketimbang pembersih wajah biasa. Bahkan cukup kuat untuk membersihkan bekas makeup waterproof yang kita pakai. Karena biasa digunakan oleh bayi, maka baby oil pastinya sangat aman digunakan oleh kulit wajah kita yang dewasa.

Penggunaannya juga gampang banget, sama saja seperti saat kita menggunakan pembersih wajah biasa. Oleskan baby oil ke wajah, dan bersihkan dengan tisu secara lembut.

 

Nah, itu dia 7 pembersih wajah alami yang bisa dicoba sendiri di rumah, tanpa harus merogoh dompet terlalu dalam.

Mungkin di kali pertama dicoba akan terasa sedikit repot. Tapi, yakin deh, setelah merasakan khasiatnya, kita pasti tak bisa lagi berpindah ke lain pembersih.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

Tip Memijat Bayi untuk Memaksimalkan Pertumbuhannya

Begini Cara Memijat Bayi untuk Memaksimalkan Pertumbuhan dan Kesehatannya

Awas, Tumbuh Kembang Anak Bisa Terganggu Jika Orang Tua Tak Bisa Mengubah Kebiasaan Marah

Awas, Tumbuh Kembang Anak Bisa Terganggu Jika Orang Tua Tak Bisa Mengubah Kebiasaan Suka Marah