Jika Ingin Cepat Hamil, Jangan Lakukan 7 Kesalahan yang Bisa Menyebabkan Ketidaksuburan Ini!
in

Jika Ingin Cepat Hamil, Jangan Lakukan 7 Kesalahan yang Bisa Menyebabkan Ketidaksuburan Ini!

Adakah yang sudah lama mendambakan hadirnya buah hati, namun tak kunjung datang juga? Bagi sebagian pasaangan memang dianugerahi cepat hamil dan menimang momongan, tapi sebagian yang lain belum juga dikaruniai buah cinta ini ya?

Sebenarnya kesempatan itu selalu ada, hanya saja titik peluang itu memang tak sama datangnya untuk tiap-tiap pasangan.

Jika memang ingin cepat hamil, maka memang kita harus konsisten dan punya niat untuk berikhtiar dengan serius. Terutama sih tidak melakukan beberapa kesalahan yang bisa berakibat terhambatnya kesuburan kita sendiri.

Apa saja kesalahan yang sering kita lakukan hingga bisa menghambat kesuburan itu? Yuk, coba kita lihat ya?

 

7 hal penghambat kesuburan yang harus berhenti dilakukan agar cepat hamil

 

Ingin cepat hamil, kurangi kebiasaan-kebiasaan penghambat kesuburan ini.
Ingin cepat hamil, kurangi kebiasaan-kebiasaan penghambat kesuburan ini. Image via TheHealthSite.com.

1. Kebiasaan tak sehat

Jika kita ingin cepat hamil, yang pertama harus diperhatikan adalah mengurangi kebiasaan tak sehat yang selama ini kita lakukan.

Misalnya kebiasaan merokok, lantaran rokok memang mengandung zat-zat yang bersifat racun untuk tubuh. Juga jika biasa mengonsumi narkoba dan alkohol, sebaiknya segera dihentikan.

Tak hanya itu, kebiasaan diet yang salah juga bisa menyebabkan kesuburan kita menjadi terhambat, terutama jika kita menggunakan obat-obatan demi melangsingkan tubuh. Gantilah kebiasaan ini dengan pola diet sehat, yaitu memperbanyak buah dan sayur, banyak minum air putih, dan rutin berolahraga.

Stres juga bisa menjadi penyebab terhambatnya kesuburan kita. Jadi, lebih baik kelolalah stres dengan baik. Istirahat dan tidur yang cukup akan bisa membantu.

 

2. Pola makan yang buruk

Pola makan kita ini memang banyak sekali memengaruhi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan ya. Semua hal yang terjadi pada tubuh kita selalu berawal dari makanan yang masuk ke perut. Maka benar kata pepatah, kita adalah makanan yang kita makan.

Begitu juga jika kita ingin cepat hamil, kita harus perbaiki pola makan buruk yang tadinya selalu kita lakukan.

Kurangi makan makanan junkfood yang penuh dengan zat-zat tambahan–pengawet, penambah rasa, dan pewarna–dan lemak jenuh. Ganti dengan menu sehat sehari-hari yang berupa buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral.

Perkaya lagi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan memperbanyak konsumsi biji-bijian yang kaya akan lemak esensial, seperti kacang tanah, kedelai atau taoge.

 

3. Sering stres dan merasa tak siap untuk hamil

Pikiran memengaruhi tubuh. Hal itu memang benar terjadi. Mungkin inilah yang dinamakan dengan sugesti diri.

Saat kita stres dan dalam kondisi tertekan, tubuh pun akan mengeluarkan reaksi. Hormon kortisol diproduksi lebih banyak sehingga kita pun menjadi kelelahan dan punya mood yang kurang bagus. Akibatnya, setiap organ tubuh yang ada ini juga terganggu fungsinya, termasuk organ kesuburan.

Begitu juga kalau kita berpikir, bahwa kita menyatakan pada diri sendiri kalau kita tak siap untuk punya anak, atau tidak suka pada anak-anak.

Pikiran tersebut lantas diolah oleh otak sehingga akan ada informasi bagi organ-organ tubuh untuk melakukan reaksi yang sesuai dengan pikiran yang tadi muncul.

Ada berbagai alasan mungkin yang bisa menyebabkan seseorang tidak ingin atau tidak siap untuk punya anak. Bisa persoalan ekonomi, masih ingin mengejar impian yang lain–jenjang karier, misalnya–atau malah meragukan kemampuan diri sendiri untuk menjadi ibu. Trauma masa lalu juga bisa menjadi penyebab munculnya pikiran ini.

Jika kita–atau pasangan kita–ada yang mengalami hal ini, maka sebaiknya segeralah meminta bantuan kepada mereka yang profesional, agar segera bisa diatasi.

 

4. Memelihara binatang yang rentan akan virus toksoplasma

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa ada binatang-binatang peliharaan tertentu yang dikenal sebagai pembawa virus yang berbahaya bagi alat reproduksi kita, yaitu virus toksoplasma. Binatang-binatan tersebut adalah kucing, anjing, dan ayam, juga tikus.

Virus ini memang berbahaya sekali, lantaran kalau menginfeksi maka akan mengakibatkan keguguran, bayi lahir cacat, prematur, bahkan meninggal saat dilahirkan.

Jadi, jika memang tak perlu, tunda dulu keinginan untuk mempunyai binatang peliharaan. Atau, jika memang kita sudah menjadikan mereka sebagai bagian dari keluarga, pastikan mereka mendapatkan vaksin sesuai jadwal, dan rutin diperiksakan kesehatannya ke klinik hewan atau ke dokter.

 

5. Suka mengenakan pakaian ketat

Pakaian yang ketat, tak hanya kurang nyaman dipakai bergerak, tapi juga bisa membuat kesuburan kita terhambat, terutama bagi para pria.

Ya, celana ketat–dan juga kebiasaan mandi air panas–bisa mengurangi kualitas sperma. Jadi, untuk para pria, jika ingin istri cepat hamil, coba ubah kebiasaan ini dulu ya.

 

6. Penggunaan pelumas saat berhubungan intim

Mungkin karena satu dan lain sebab, kita harus meminta bantuan pelumas agar bisa melakukan hubungan secara lebih lancar ya?

Namun, harus diperhatikan, bahwa cairan pelumas dapat memengaruhi keseimbangan pH di dalam alat reproduksi wanita, selain juga bisa mengganggu kualitas sel sperma.

Kalau hal ini terjadi, pastinya akan berakibat pula pada terhambatnya kesuburan kita sehingga kita tidak bisa cepat hamil.

Karena itu, hindari dulu pemakaian pelumas jika kedua pasangan sepakat untuk menjalani program hamil.

 

7. Kebiasaan masturbasi

Kebiasaan ini ternyata juga bisa berpengaruh terhadap kesuburan, baik pria maupun wanita. Pada pria bisa terjadi iritasi alat reproduksi, mengalami ejakulasi dini, bahkan bisa sampai ke kemandulan.

Sedangkan pada wanita, meski efeknya tak seburuk yang terjadi pada pria, tapi juga bisa menimbulkan iritasi pada organ reproduksi, bahkan menurunnya konsentrasi.

 

Nah, jika memang ingin cepat hamil, kita bisa melakukan ikhtiar dan dimulai dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang bisa menghambat kesuburan di atas.

Meski sebenarnya, kebahagiaan kehidupan pernikahan tidak melulu hanya terletak atau tergantung pada hadir tidaknya buah cinta di antara pasangan suami istri. Jadi, janganlah hal ini membuat pasangan menjadi jauh dari kebahagiaan.

Yang penting, jagalah selalu kesehatan dan jalani hidup penuh dengan rasa syukur, apa pun kondisinya.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

7 Makanan Ini Ternyata Pemegang Rahasia Awet Muda

7 Makanan Ini Ternyata Pemegang Rahasia Awet Muda

Padu Padan Baju Kerja dan Aksesoris yang Oke untuk Ke Kantor dengan Gaya Simpel tapi Menarik

Padu Padan Baju Kerja dan Aksesoris yang Oke untuk Ke Kantor dengan Gaya Simpel tapi Menarik