Begini Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Tanpa Efek Samping
in

Begini Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Tanpa Efek Samping

Standar kecantikan yang berlaku di Indonesia memang salah satunya adalah mempunyai kulit putih nan bersih dan halus. Makanya, tak heran banyak perempuan yang penasaran banget mencari tahu, bagaimana cara memutihkan kulit.

Mereka bahkan mau-mau saja menempuh proses yang menyakitkan dengan biaya tinggi demi bisa mendapatkan kulit putih mulus impian bak perempuan Korea.

Meski sebenarnya warna kulit apa pun juga tetap cantik, asalkan terawat dan bersih. Betul?

Namun, biasanya juga, setiap orang mempunyai area-area kulit yang lebih gelap dibandingkan area kulit yang lain. Sebut saja misalnya di daerah ketiak, panty line, siku, lutut, punggung kaki, dan lain sebagainya.

Penyebabnya bisa beberapa macam sih, tapi yang biasa terjadi adalah akibat dari sel-sel kulit yang sering saling bergesekan dalam waktu yang lama. Atau, menumpuknya kulit mati namun tak bisa lepas juga.

Nah, ternyata kalau urusan area-area kulit yang lebih gelap ketimbang area kulit yang lain ini sebenarnya bisa diatasi sendiri oleh kita, dengan bahan-bahan yang cenderung sederhana dan alami lo. Bahkan mungkin kita sudah simpan beberapa di antaranya nih di kulkas. Tinggal ambil sedikit, lalu dipakai secara rutin saja.

Mau tahu bagaimana cara memutihkan kulit secara alami tanpa efek samping ala Si Momot? Ikuti artikel ini sampai selesai ya.

 

Cara memutihkan kulit tanpa efek samping dengan 4 bahan alami yang gampang ditemukan di mana saja

 

Cara memutihkan kulit secara alami dengan lemon.
Cara memutihkan kulit secara alami dengan lemon. Image via Zeta White.

1. Lemon

Semua orang tahu, betapa lemon mempunyai banyak kandungan zat baik yang bagus untuk kesehatan tubuh, dan kecantikan kulit.

Buah lemon biasanya dipakai untuk mengatasi jerawat, menghilangkan komedo, hingga membersihkan kulit wajah. Satu lagi khasiat lemon untuk kecantikan, yaitu ampuh mencerahkan kulit wajah.

Cara memutihkan wajah dengan lemon ini cukup mudah kok. Ambil dan potong 1 buah lemon menjadi dua bagian. Gunakan salah satu bagiannya, gosokkan ke ketiak kanan. Bagian lain untuk ketiak yang kiri. Diamkan selama 10 menit, baru bilas dengan air hangat. Bisa langsung dengan air mengalir atau dilap dengan handuk kecil.

Namun, harap diingat. Jangan aplikasikan buah lemon ke ketiak yang baru saja dicukur atau di-waxing, karena bisa menimbulkan iritasi. Rasanya akan perih sekali.

Lebih baik tunggu setidaknya setengah hari atau satu hari setelah waxing. Selalu gunakanlah lemon segar ya, bukan lemon kemasan karena komposisinya sudah berbeda. Lakukanlah tes kulit terlebih dahulu demi memastikan kita tidak alergi atau hipersensitif terhadap kandungan lemon, sebelum mengaplikasikannya untuk memutihkan ketiak.

 

2. Plain yoghurt

Jika memiliki stok yoghurt kemasan di kulkas untuk yang secara rutin mengonsuminya, bisa banget digunakan sebagai cara memutihkan kulit secara alami tanpa efek samping.

Pilihlah yoghurt plain, tanpa tambahan perasa ya. Bersihkan dulu area yang punya warna lebih gelap, sebelum kita mengoleskan yoghurt ke area tersebut. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Yoghurt dipercaya memiliki kandungan lactic acid yang mengontrol produksi melanin, sehingga kulit pun menjadi lebih cerah. Selain untuk memutihkan kulit, yoghurt juga baik sekali untuk membuang sel kulit mati, melembapkan kulit, mengurangi lingkaran hitam pada mata, hingga mengatasi luka bakar akibat sengatan matahari lo. Caranya sama saja, yaitu dengan mengoleskannya ke area kulit, lalu diamkan dan bilas.

 

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang baik sekali untuk mencerahkan kulit.

Jika kebetulan punya tanaman lidah buaya di rumah, atau mungkin sempat punya stok lidah buaya hasil membeli yang masih segar, kita bisa menggunakannya sebagai pencerah kulit. Jika merasa repot dengan lidah buayanya langsung, beli saja lidah buaya dalam kemasan gel yang banyak dijual di apotek-apotek.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan lidah buaya juga mudah, tinggal oleskan saja getahnya atau gel-nya ke area-area yang berkulit lebih gelap, sembari memberikan sedikit pijatan lembut. Diamkan 20 menit, dan bilas dengan air hangat.

Jika ingin hasil yang maksimal, aplikasikan setiap kali sesudah mandi.

 

4. Kayu cendana dan air mawar

Cara memutihkan kulit secara alami lain yang bisa dicoba adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan bubuk kayu cendana dengan 10 tetes air mawar. Setelah rata, gosokkan pada area kulit yang berwarna lebih gelap. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Lakukanlah ritual ini secara rutin 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.

 

Nah, ternyata cara memutihkan kulit ini tak terlalu sulit kan? Tak perlu lagi ke salon atau klink kecantikan, dengan membayar biaya yang mahal juga. Semua bisa dilakukan sendiri asalkan telaten dan rajin.

Mungkin hasilnya tak seinstan kalau kita menempuh cara pemutihan kulit di salon atau klinik, karena dibutuhkan ketekunan untuk melakukan ritual-ritual seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tapi cara ini relatif sangat aman, dan tanpa efek samping. Jadi pasti hasilnya juga akan lebih oke.

Selamat mencoba!

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Minta Pasangan untuk Bantu Merawat Bayi Baru Lahir Terutama Mengenai 5 Hal Ini

Minta Pasangan untuk Bantu Merawat Bayi Baru Lahir Terutama Mengenai 5 Hal Ini

Prestasi Menurun, Begini Cara Membantu Anak Belajar Agar Kembali Meningkat di Sekolah

Prestasi Menurun, Begini Cara Membantu Anak Belajar Agar Kembali Meningkat di Sekolah