Sering Mengalami 6 Masalah Kecantikan Paling Menyebalkan Ini? Atasi dengan Trik-Trik Simpel Berikut!
Sering Mengalami 6 Masalah Kecantikan Paling Menyebalkan Ini? Atasi dengan Trik-Trik Simpel Berikut! Image via Mirror.
in

Sering Mengalami 6 Masalah Kecantikan Paling Menyebalkan Ini? Atasi dengan Trik-Trik Simpel Berikut!

Masalah kecantikan yang sering terjadi di pagi hari berikut barangkali bukan merupakan prioritas kita ya? Pasti urusan membangunkan anak, menyiapkan mereka sekolah, membuat sarapan, dan berbagai rutinitas pagi lain akan terasa lebih penting dibandingkan memikirkan masalah kerut di wajah.

Tapi, saat kita mulai bercermin untuk bersiap pergi, mulai deh kepikiran. Segala flek itu jadi terlihat. Kerutan juga mulai nampak dengan jelas.

Tak perlu khawatir, artikel ini akan mencoba membantu mengatasi masalah kecantikan yang lazim terjadi dengan beberapa tip yang dapat menyegarkan kembali penampilan kita di pagi hari dengan waktu yang singkat.

Ikuti artikel ini sampai selesai ya.

 

6 Masalah kecantikan paling menyebalkan yang sering terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya

 

Sering Mengalami 6 Masalah Kecantikan Paling Menyebalkan Ini? Atasi dengan Trik-Trik Simpel Berikut!
Sering Mengalami 6 Masalah Kecantikan Paling Menyebalkan Ini? Atasi dengan Trik-Trik Simpel Berikut! Image via Mirror.

1. Bye bye kerutan

Kerut dan garus halus pada wajah tidak dapat dihindari kemunculannya. Betul?

Ya, paparan sinar ultraviolet memang berperan sebanyak 80% penyebab penuaan pada wajah kita,. Maka, tindakan pertama yang perlu kita ambil demi memperlambat timbulnya tanda penuaan dini ini adalah dengan memakai tabir surya.

Tanda penuaan dini ini juga dapat disamarkan dengan memakai krim antiaging secara teratur. Pilihlah produk yang mengandung retinoid, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, alpha hydroxy acid, dan poly hydroxy acid.

Namun, perlu diingat dan diperhatikan, ada beberapa produk harus melalui resep dan pemakaiannya di bawah pengawasan dermatologis.

 

2. Bibir kering dan pecah-pecah

“Bibir memang sangat rentan kering, karena lapisan kulitnya sangat tipis dibandingkan bagian tubuh yang lain,” jelas Ellen Shepard, principal scientist di Unilever.

Untuk mengatasinya, gunakan lip balm yang berperan sebagai perisai untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari, angin, dan udara yang lembap, sehingga kulit pada bibir akan tetap terjaga kelembapan dan melindunginya dari pengelupasan yang disebabkan oleh infeksi.

Sebaiknya cobalah dulu beberapa produk sebelum kemudian menemukan lip balm yang terbaik bagi bibir kita, untuk menghindari ketidakcocokan.

 

3. Kantung mata

Kadang peran kita sebagai pekerja atau dalam keluarga membuat kita jadi hanya punya waktu tidur yang sedikit ya?

Misalnya saja, para ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya. Pasti deh, mendadak harus selalu begadang di malam hari. Atau kalau ada anak yang sakit dan rewel saat malam, wah, tak mungkin kan kita tinggal tidur?

Akibatnya, tuh, kantung mata menjadi semakin tebal saja. Sudah seperti panda!

Untuk mengatasi kantung mata ini, kita bisa memanfaatkan concealer untuk menutup bayangan hitam di bawah mata. Pilihlah concealer yang berbentuk krim ya, karena akan mampu memberi kesan full cover namun tetap tampak ringan.

Aplikasikan concealer 1 atau 2 tingkat lebih putih dari warna kulit dengan tipis. Caranya, tepuk-tepuklah dari arah bagian dalam bawah mata, hingga ke arah telinga atas lalu ratakan.

Untuk mendapatkan hasil yang natural, sebaiknya pemakaian concealer berjarak antara 2 – 3 cm dari bawah mata. Lalu jangan lupa aplikasikan bedak padat secara merata.

 

4. Noda kopi atau teh pada gigi

Penyuka kopi dan teh? Well, kegemaran kita akan minuman-minuman berkafein ini bisa mengubah warna enamel gigi.

Donna J. Phinney dan Judy H. Halstead, penulis buku Delmar’s Dental Asisting: A Comprehensive Approach, menjelaskan bahwa mengonsumsi minuman berkafein dapat membuat permukaan gigi menguning, kehitaman, kecokelatan, dan menimbulkan karang gigi.

Apalagi kalau gigi kita berlubang dan permukaannya tak rata. Saat kita minum kopi ataupun teh, maka tanin tersebut akan menempel dan menyebabkan diskolorisasi.

Pencegahan bisa kita lakukan dengan cara meminum air mineral segera setelah mengonsumsi kopi atau teh, atau gunakan saja sedotan, agar sentuhan langsung antara minuman berkafein tersebut dengan gigi menjadi minimal.

Jika ingin membersihkan gigi kita dari noda-noda minuman berkafein ini dengan cepat, maka yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan bleaching pada dokter gigi.

 

5. Kulit wajah kusam

Bertambahnya usia akan berdampak pada menurunnya fungsi fisiologis dan kemampuan kulit untuk beregenerasi. Ditambah, paparan sinar matahari akan mengakibatkan kulit tampak kusam, kering, timbul garis wajah dan lesi pigmentasi atau bercak kulit.

Seperti halnya tanda-tanda penuaan dini, kulit wajah yang kusam bisa kita cegah kemunculannya dengan rajin memakai tabir surya, dan juga krim perawatan wajah.

 

6. Bulu mata kurang alami

Ya, sekarang bulu mata palsu sudah tak terlalu identik lagi dengan heavy makeup, ya kan? Bulu mata sekarang sering kita pakai bahkan saat bermake up sehari-hari namun tetap terlihat alami.

Agar makin terlihat alami, sebaiknya gunakan bulu mata yang sesuai dengan jenis mata kita. Misalnya, untuk jenis mata sipit, sebaiknya gunakan bulu mata yang tidak terlalu panjang dan tak tebal. Jenis mata besar dapat menggunakan bulu mata yang lebih panjang dan tebal.

 

7. Terlalu letih untuk berdandan

Parfum ternyata terbukti dapat meningkatkan mood dengan cepat lo, apalagi saat kita merasa malas banget buat dandan.

Jadi, pilihlah parfum yang dapat membuat kita merasa feminin dan refresh dengan cepat tanpa harus berusaha keras menggunakan makeup. Atau bisa juga mandi dengan sabun dengan wangi aromaterapi, yang boleh diganti-ganti disesuaikan dengan mood hari itu. Lebih segar, dijamin!

 

8. Bad hair day

Mungkin tak semua perempuan bakalan percaya diri menggunakannya, namun wig atau rambut palsu bisa mengatasi masalah bad hair day dengan cepat.

Para pakar dari situs wigs.com menjelaskan, bahwa dengan memperhatikan 4C’s, yaitu Cut, Cap size, Composition, dan Color, wig akan terlihat natural di kepala kita.

Untuk mendapatkan ukuran wig yang tepat, ukurlah lingkar kepala mulai dari garis depan rambut, belakang telinga kanan, tengkuk leher, bagian telinga kiri, dan kembali ke garis depan rambut.

Wig juga akan terlihat alami juga dipilih warna yang sesuai dengan warna rambut dan kulit kita.

 

Nah, semoga masalah kecantikan yang dialami bisa diatasi dengan beberapa tip sederhana tapi jitu di atas ya.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

Ini Dia 5 Langkah Mengatasi Bayi Sulit Tidur

Ini Dia 5 Langkah Mengatasi Bayi Sulit Tidur

Cara Mendidik Anak Berjiwa Entrepreneurship ala Ayah Mark Zuckerberg

Cara Mendidik Anak Berjiwa Entrepreneurship ala Ayah Mark Zuckerberg