Ini Dia 7 Tempat untuk Belajar Makeup Sendiri
in

Ini Dia 7 Tempat untuk Belajar Makeup Sendiri

Belajar makeup sendiri? Coba belajar di 7 tempat ini!

Belajar makeup itu penting buat perempuan di mana saja. Mengapa? Ya, pastinya agar kita bisa merias diri sendiri, tanpa harus sering-sering ke salon. Selain lebih irit, pastinya juga kita bisa memilih menggunakan alat-alat rias dan kosmetik yang lebih cocok juga untuk kulit kita sendiri.

Tapi kepada siapa kita bisa belajar makeup sendiri? Haruskah ikut kelas atau kursus kecantikan yang mahal?

Tidak juga. Di zaman serbagampang dan serbacepat seperti ini, belajar makeup pun bisa dilakukan di mana saja, dari siapa saja.

Berikut adalah beberapa cara atau tempat kita bisa belajar makeup sendiri.

 

7 tempat atau cara belajar makeup sendiri tanpa ribet

 

Ini Dia 7 Tempat untuk Belajar Makeup Sendiri

1. Meja rias sendiri di rumah

Nah, ini memang merupakan tempat pertama banget untuk belajar makeup sendiri. Tempat untuk uji coba segala macam teknik dan cara makeup yang mungkin sudah dipelajari.

Permasalahan pertama yang biasanya terjadi saat kita praktik dan belajar makeup sendiri adalah takut salah. Tapi sebenarnya ini tak perlu dipermasalahkan. Namanya juga belajar, salah itu biasa, bukan? Kalau salah, ya hapus saja makeup-nya dengan cleanser. Lalu, mulai lagi dari awal.

Namun, trial and error belajar makeup sendiri ini memang jangan dilakukan saat kita tergesa-gesa harus pergi, karena tentu tak akan baik hasilnya. Luangkan waktu khusus untuk belajar dan trial and error. Sedangkan, kalau kita mau pergi, ya sebaiknya pakai cara makeup yang sudah terbiasa kita lakukan saja.

 

2. Tutorial dari buku, majalah, atau artikel

Zaman sekarang sudah banyak sekali bacaan tutorial makeup yang bisa kita temukan, baik berupa buku, juga ada di majalah-majalah wanita, hingga artikel-artikel online.

Kita bisa membacanya dan kemudian mempraktikkannya pelan-pelan. Sembari kita melakukan trial and error di meja rias sendiri, kita pun tahu, cara makeup mana yang paling cocok untuk kita.

 

3. Beauty class

Kadang ada beberapa kelas atau workshop–baik yang gratis maupun berbayar–diadakan oleh brand-brand kecantikan. Biasanya sasarannya adalah mereka yang memiliki membercard komunitas brand tersebut.

Karena itu, ada baiknya kita juga menjadi anggota agar kita mendapat informasi jika ada workshop makeup diadakan, plus kalau ada diskon promosi. Lumayan banget kan?

Follow akun-akun brand-brand kecantikan di media sosial–Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lainnya–supaya kita bisa update terus jika ada info-info penting seputar kecantikan.

Beauty class atau workshop kecantikan ini bisa banget menjadi tempat belajar makeup sendiri, karena–ya namanya juga workshop–biasanya juga langsung diminta untuk praktik, dengan diawasi oleh mereka yang lebih ahli.

 

4. Para beauty assistant

Nah, ini juga biasanya menjadi hobi perempuan nih, untuk datang ke counter kecantikan di mal-mal untuk mencobai beberapa sampel produk kecantikan secara gratis.

Para beauty assistant yang biasanya ada di counter-counter itu bisa banget menjadi guru kecantikan yang baik lo! Biasanya mereka punya segudang tip dan trik kecantikan yang praktis. Sambil membeli, kita bisa banget konsultasi dengan mereka.

Sering kali juga beauty assistant brand kosmetik tertentu menawarkan makeover untuk pelanggannya lo. Kalau kita beruntung, bisa saja kita yang akan di-makeover. Perhatikan dan amati setiap langkah makeover yang mereka lakukan, lalu praktikkan sendiri di rumah.

 

5. Youtube

Sumber utama belajar makeup sendiri di zaman now ya di mana lagi kalau bukan di Youtube? Segala tip, trik, dan review produk kecantikan bisa kita temukan di sana. Tinggal pilih saja, seleb beauty vlog mana yang akan kita anut “paham”-nya.

Kalau sudah cocok dengan teknik makeup vlogger tertentu, jangan lupa subscribe, supaya tak ketinggalan update.

 

6. Instagram

Selain Youtube, tempat belajar makeup paling enak ya Instagram. Banyak banget tutorial, tip, dan trik makeup bisa ditemukan di Instagram.

Coba carilah dengan hashtag atau tagar kecantikan, lalu kalau sudah menemukan yang cocok, follow deh akunnya.

Kapan-kapan kita akan bahas deh, para beauty selebgram yang sering bagi-bagi tip dan trik makeup di sini.

 

7. Komunitas minat

Dampak dari perkembangan media sosial dan internet, sekarang pun banyak bermunculan komunitas-komunitas online berbasis minat, passion, pekerjaan, hingga lokasi ya? Nah, komunitas kecantikan–atau beauty community–ini juga bisa menjadi tempat belajar makeup sendiri yang oke.

Carilah komunitas kecantikan yang cocok, di Facebook, WhatsApp group, atau mungkin Telegram, dan juga media sosial lainnya, dan bergabunglah dengan mereka.

Tak hanya online, kalau ada yang offline ya sekalian saja bergabung. Siapa tahu ada jadwal rutin meetup sembari diadakan beauty class. Oke banget kan?

 

Dengan kita bisa makeup sendiri, pastinya semua pun akan lebih mudah. Kita tak perlu pergi ke salon kalau misalnya harus menghadiri acara kantor yang hanya butuh makeup cantik tapi effortless. Kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Ke salonnya kalau kita benar-benar membutuhkan tata rias yang lebih khusus saja.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

7 Trik Jitu Memilih Pengasuh Bayi yang Tepat

7 Trik Jitu Memilih Pengasuh Bayi yang Tepat

Begini Cara Mendidik Anak untuk Mengenal Angka dengan Lebih Menyenangkan dan Asyik!

Begini Cara Mendidik Anak untuk Mengenal Angka dengan Lebih Menyenangkan dan Asyik!