Wisata alam di Yogyakarta agrowisata Embung Batara Sriten
Wisata alam di Yogyakarta agrowisata Embung Batara Sriten. Image via PIKNIK ASIK.
in

5 Lokasi Wisata Alam di Yogyakarta Jenis Agrowisata yang Paling Populer

Bosan main ke pantai, coba kunjungi jenis wisata alam di Yogyakarta ini deh!

Tak hanya pantai dan gunung saja yang menjadi objek wisata alam di Yogyakarta yang diunggulkan, tetapi juga agrowisata.

Jenis wisata alam yang satu ini memang menjanjikan pengalaman-pengalaman berbeda bagi wisatawan. Biasanya wisatawan akan diperbolehkan untuk langsung merasakan berada di tengah perkebunan, boleh juga ikut terlibat dalam semua proses yang terjadi, hingga boleh juga memetik sendiri buah atau sayuran yang ada dalam lokasi.

Nah, setidaknya ada 5 lokasi objek wisata alam di Yogyakarta, jenis agrowisata, yang cukup populer nih. Kita lihat yuk.

 

5 Lokasi objek wisata alam di Yogyakarta jenis agrowisata yang cukup populer

1. Kebun buah Mangunan

Wisata alam di Yogyakarta: agrowisata Kebun Buah Mangunan
Wisata alam di Yogyakarta: agrowisata Kebun Buah Mangunan. Image via Sewa Motor Jogja

Kebun buah Mangunan ini berlokasi di Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Kalau dari pusat kota Jogja, jaraknya kurang lebih 35 kilometer. Luas areanya 23 hektare, yang dibangun pada tahun 2003.

Namanya saja kebun buah, tentunya di dalamnya banyak terdapat pohon buah. Ada banyak pohon buah dibudidayakan di sini, seperti jambu, durian, jeruk, mangga dan lain-lain.

Kita bisa menikmati buah-buahnya dengan memetiknya langsung dari pohon. Karena buah itu musiman, maka juga tak mungkin semua buah tersedia sekaligus.

Dalam kebun buah ini juga ada rusa dan monyetnya. Buat yang pengin mencoba fasilitas outbond, di sini juga tersedia dengan cukup lengkap, dari mulai flying fox, refling hingga tracking area. Juga tersedia kolam renang, tapi khusus anak saja karena kedalamannya yang tak seberapa. Paling dalam cuma 1 meter.

Cocok banget untuk tujuan wisata keluarga.

 

2. Agrowisata Turi Sleman

Wisata alam di Yogyakarta: Agrowisata Turi Sleman
Wisata alam di Yogyakarta: Agrowisata Turi Sleman. Image via info jogja

Tentunya sudah pernah makan salak kan? Buah satu ini memang rasanya unik banget. Campuran antara manis dan sepatnya memberikan sensasi berbeda di lidah.

BACA JUGA:  Jalan Braga, Bandung Tempo Doeloe

Nah, salah satu jenis salak yang paling terkenal adalah salak pondoh dari Sleman Yogyakarta. Buahnya cenderung lebih kecil dari salak biasanya, tapi rasanya manis banget! Kalau belum pernah coba, harus coba deh.

Paling asyik sih, menyicip sambil memetik buahnya sendiri. Nah, kalau memang pengin memetik buah salak sendiri, kita bisa lo melakukannya di lokasi wisata alam di Yogyakarta yang satu ini, yaitu di Agrowisata Turi Sleman. Lokasinya di si di Dusun Gadung, Desa Kebun Kerto Turi Yogyakarta. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Jogja.

Kawasan Agrowisata Turi punya dua keistimewaan. Yang pertama kebun salak pondohnya yang luar biasa enak dan empuk. Kedua adalah kondisi kebun buahnya yang sangat terjaga dengan baik. Ribuan tanaman salak pondoh ditata dengan baik, sehingga tak hanya buahnya saja yang bisa dinikmati, tapi juga memanjakan mata wisatawan.

Setelah berkeliling, wisatawan akan diperbolehkan memetik sendiri salak pondoh dari pohon dengan bantuan pemandu, dan kemudian bisa menikmati buah-buah tersebut langsung di kebun.

 

3. Agrowisata Kusumo Wanadri

Yogyakarta Tourist Resort / Tempat Wisata Di Yogyakarta
Wisata alam di Yogyakarta agrowisata Kusumo Wanadri. Image via Yogyakarta Tourist Resort / Tempat Wisata Di Yogyakarta

Kalau Agrowisata Turi memanjakan kita dengan buah-buah salak pondoh yang manis, sekarang kita akan mengunjungi kebun buah naga nih. Suka makan buah naga kan?

Taman Agrowisata Buah Naga Kusumo Wanadri merupakan objek wisata alam di Yogyakarta yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo. Taman agrowisata ini menempati lahan pantai seluas 2,5 hektare.

Ada dua jenis buah naga yang dibudidayakan di lokasi ini, yaitu jenis buah naga putih dan buah naga merah. Seperti halnya agrowisata yang lain, kita juga bisa memetik langsung buahnya di sini kalau panen. Kalau lagi bukan musim panen? Ya, kita masih tetap bisa menikmati buah naga dalam bentuk sirup ataupun selai yang diproduksi secara rumahan oleh penduduk.

Buah naga dari Agrowisata Kusumo Wanadri ini begitu terkenal, hingga dipasarkan juga ke Jakarta dan sekitarnya. Jadi, sudah pasti terjamin deh rasa buahnya yang enak.

BACA JUGA:  Wisata ke Pulau Derawan, Pulau Surganya Dunia

Dan, kalau mau main ke kebun buah naga satu ini kita juga bisa mendapatkan satu bonus besar, yaitu sekalian menikmati keindahan Pantai Glagah! Lokasi wisata alam di Yogyakarta ini memang dekat sekali ke pantai.

Jadi bisa banget kalau misalnya mau piknik ke pantai, tapi mampir dulu ke kebuh buah ini untuk memetik buahnya. Terus dinikmati deh di pinggir pantai.

4. Agrowisata Bhumi Merapi

Wisata alam di Yogyakarta agrowisata Bhumi Merapi
Wisata alam di Yogyakarta agrowisata Bhumi Merapi. Image via gamblisfx.com

Kalau pengin mencoba berinteraksi dalam sebuah wisata alam berkonsep peternakan dan perkebunan, kita bisa mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi.

Wisata alam di Yogyakarta yang berkonsep edukasi ini berlokasi di Jalan Kaliurang km. 20, Hargobinagun Pakem, Sleman.

Di sini pengunjung, terutama anak-anak, akan diajak untuk mempelajari potensi wisata alam berupa peternakan dan perkebunan dalam satu lokasi. Biasanya yang berkunjung ke sini adalah para pelajar yang pengin lebih tahu mengenai kehidupan hewan peternakan dan suasana perkebunan herbal. Tapi, banyak juga keluarga yang mengunjungi agrowisata ini untuk memperkenalkan hewan-hewan lebih dekat pada anak-anak mereka.

Agrowisata ini dikelola secara terpadu, misalnya pengolahan pakan dibuat dengan swadaya sendiri dari hasil kebun, kemudian pengolahan limbah ternak diolah menjadi bahan gas alternatif. Sehingga hasilnya tak ada yang terbuang percuma. Hebat ya!

Pengunjung dapat berkeliling melihat koleksi hewan ternak yang ada di lokasi wisata alam di Yogyakarta yang menempati lahan seluas 5 hektar ini, di antaranya ada kelinci-kelinci juga beragam jenis kambing. Total kira-kira terdapat 50 ekor kambing dan 300 kelinci di sini. Kandangnya? Sama sekali tidak kotor, bahkan bersih dan rapi.

Untuk kebunnya, ada berbagai macam tanaman herbal yang dibudidayakan, dari mulai jahe, kencur dan lainnya. Lebih jauh lagi, kita akan juga bisa menemukan perkebunan pinus.

BACA JUGA:  Cap Go Meh, inilah ritual cari jodoh di Pulau Kemaro

 

5. Argo Embung Batara Sriten

Wisata alam di Yogyakarta agrowisata Embung Batara Sriten
Wisata alam di Yogyakarta agrowisata Embung Batara Sriten. Image via PIKNIK ASIK.

Argo Embung Batara Sriten, atau yang biasa disebut Embung Sriten saja, ini merupakan telaga buatan yang dibuat untuk mengairi kebun buah yang ada di sekitarnya.

Ada berbagai jenis pohon buah di sini, ada kelengkeng, durian, sirsak hingga manggis. Embung ini terletak di atas puncak bukit, dan merupakan embung dengan letak tertinggi di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kalau kita berdiri di tepinya, kita bahkan bisa melihat Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur di kejauhan karena saking tingginya. Kalau malam, jika cuaca cerah, kita bisa menikmati kerlip lampu Kota Klaten dan Nglipar.

Tak cuma itu, kalau kita mau, kita juga bisa mengejar sunset ataupun sunrise di Embung Sriten ini tanpa terhalang pohon sama sekali. Wow!

Nah, itu dia 5 lokasi wisata alam di Yogyakarta jenis agrowisata yang populer.

Asyik kan, kalau kita menemukan objek wisata seru yang lain daripada yang lain? Tak cuma melulu ke pantai ataupun mendaki gunung kan? Sesekali mengenal buah dan tanaman yang bermanfaat langsung di perkebunannya pasti akan memberikan pengalaman baru yang menarik dan tak terlupakan buat kita.

Selamat jalan-jalan!

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Pengin Pesta Pernikahan Bak Pasangan Selebriti Hollywood? Bawa Saja ke Pantai!

Ini Dia 5 Kandungan dalam Makanan Ringan yang Harus Diwaspadai

Ini Dia 5 Kandungan dalam Makanan Ringan yang Harus Diwaspadai