4 Produk Fashion Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan - Batasi Pemakaiannya!
4 Produk Fashion Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan - Batasi Pemakaiannya! Image via FMag.com
in

4 Produk Fashion Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan – Batasi Pemakaiannya!

Beberapa produk fashion memang membahayakan!

Ternyata apa yang terlihat cantik, indah, dan menarik tak selalu baik untuk kita. Termasuk soal produk fashion.

Sebagus apa pun penampilan kita, secantik apa pun kita terlihat oleh semua orang, mereka tidak akan mau menolong kalau tiba-tiba kita mengalami infertilitas akibat jeans superketat yang membalut pinggul, paha, hingga kaki.

Terdengar jahat memang. Namun, jika kita lebih bijaksana dalam berpenampilan dan memilih produk fashion yang kita pakai, tak hanya melukai banyak orang, tubuh kita pun bisa tetap sehat.

 

Hindari terlalu sering mengenakan 4 produk fashion yang membahayakan diri kita sendiri ini!

 

4 Produk Fashion Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan - Batasi Pemakaiannya!
4 Produk Fashion Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan – Batasi Pemakaiannya! Image via FMag.com

Oversized bag

Bermerek, bermuatan banyak, dan terlihat keren dibawa ke mana-mana. Itulah yang menjadi pertimbangan kita untuk memilih tas berukuran besar, bukan? Sampai-sampai kita tak menyadari, telah memakainya selama berhari-hari, dengan isi yang selalu penuh.

Ya, bagaimana tidak, kita selalu merasa bahwa tas kita tersebut diciptakan untuk menampung berbagai benda, dari yang benar-benar dibutuhkan, hingga yang useless sekalipun.

Tapi, sadarkah kita, apa yang sebenarnya terjadi pada bentuk tubuh kita jika setiap hari tas besar berisi penuh terbebankan di salah satu pundak kita?

Salah satu akibatnya adalah keseimbangan tubuh kita bisa terganggu jika terlalu sering menggunakan sebelah tangan saja untuk menenteng tas besar setiap hari.

Akibat lain yang bisa timbul jika seseorang terus menerus memikul beban yang berat di salah satu pundaknya adalah ia bisa saja terkena skoliosis, yaitu tulang belakang tidak normal yang bentuknya tidak lurus, melainkan melengkung ke samping. Ia akan menjadi bungkuk atau agak membusung, malah bisa jadi posisinya akan miring permanen saat berjalan.

Jadi, apa yang seharusnya kita lakukan?

Jika ingin membawa oversized bag, jinjinglah dengan tangan, dan bukan diselempangkan ke pundak. Lebih baik lagi, jangan gunakan tas berukuran besar setiap hari.

 

Celana ketat

Kita tentunya bangga dengan bentuk bokong yang seksi, serta pinggul menawan kita. Namun, bukan berarti kita harus memamerkannya setiap waktu, dengan selalu mengenakan celana yang melekat superketat sepanjang waktu.

Semakin ketat celana jeans yang kita kenakan, semakin sempit celah kulit kita untuk bernapas.

Penggunaan produk fashion satu ini pada perempuan kerap menimbulkan masalah, antara lain timbulnya jamur, keputihan, ataupun gatal-gatal yang sangat mengganggu. Hal ini disebabkan oleh timbunan keringat yang ada di daerah tersebut tak bisa keluar dengan baik dan cenderung menumpuk.

Coba bayangkan, jika selama kita beraktivitas seharian di luar, keringat yang kita keluarkan tetap menempel sepanjang hari. Ih, jorok!

Jadi, akan lebih baik jika membiasakan untuk ganti celana setiap 4 jam sekali. Apabila aktivitas kita tidak memungkinkan untuk mengganti celana, lebih baik jangan gunakan celana jeans superketat tersebut saat harus menghabiskan waktu seharian di luar ruangan.

Celana berpotongan lebar kan banyak juga yang asyik dilihat dan lebih nyaman dipakai? Apalagi kalau dipadukan dengan blazer dan pump shoes. Tetap cantik!

 

Oversized Earrings

Jika busana yang kita kenakan begitu polos, pastinya kita akan maksimalkan penampilan dengan menambahkan aksesoris. Dari bangle besar, cincin, hingga anting besar yang hampir menyentuh pundak pun dipakai.

Ya, memang terlihat cantik ya? Tapi memangnya tak sayang dengan telinga?

Perkara memakai produk fashion berupa anting-anting ini memang bukan hal sepele. Fakta mengatakan, bahwa tulang rawan yang membentuk telinga sebetulnya memiliki syaraf penting. Coba bayangkan, apa yang terjadi pada telinga kita, jika sepanjang hari harus memikul beban berat? Kasihan banget telinganya.

Dr. James McDiarmid, seorang konsultan bedah plastik di Amerika Serikat mengatakan, bahwa ia banyak menerima pasien perempuan yang ingin melakukan bedah plastik untuk memperbaiki telinga mereka. Mereka ingin mengembalikan lubang daun telinga menjadi kecil lagi.

Menurut dr. McDiarmid, daun telinga yang lubangnya sudah terlalu besar sulit diperbaiki lagi. Daging di daun telinga sangat halus. Kalau sudah terkoyak, sulit menumbuhkannya walaupun memakai teknologi bedah laser.

Selain itu, telinga merupakan titik pusat berbagai syaraf penting untuk kesehatan. Jika terlalu sering memakai anting besar, syaraf-syaraf ini bisa tertarik. Padahal syaraf-syaraf di telinga sangat berpengaruh pada hampir seluruh bagian tubuh.

Yah, tak perlu memaksakan mengikuti tren untuk mengenakan produk fashion yang bisa menyakiti diri kita sendiri ini. Jika memang suka sekali memakai anting besar tersebut, jangan gunakan lebih dari 2 jam. Atau, gantilah dengan ukuran yang lebih kecil, ketika sudah terlalu lama menggunakannya.

 

High heels

Survei Cosmopolitan menemukan, bahwa para pria menganggap perempuan terlihat jauh lebih seksi saat mengenakan sepatu high heels. Tapi, di situlah masalahnya.

Karena persepsi tersebut, kini ke mana pun kita pergi, sepatu dengan hak supertinggi menjadi teman setia. Padahal, kita tidak sadar apa yang diam-diam terjadi pada kaki, jika lebih dari 2 jam harus tersiksa ditopang oleh high heels.

Ketika memakai high heels, pinggul kita miring ke depan, dan menambah lengkungan pada tulang belakang demi melawan gravitasi. Tulang belakang akan tertumpah ke belakang untuk mengoreksi keseimbangan, dan hal ini menyebabkan pemampatan pada punggung bagian bawah.

Waduh! Jadi harus bagaimana?

Jika situasi dan kondisi memang mengharuskan kita memakai sepatu hak tinggi, maka jaga supaya jangan terlalu lama dipakai. Setelah 2 jam, segera ganti dengan flat shoes atau sandal. Hal ini bisa mempersingkat waktu kita tersiksa dengan high heels.

 

Tampil fashionable memang boleh-boleh saja, tapi tak perlu juga sampai menyiksa diri sendiri mengenakan produk fashion yang justru membuat diri kita sakit.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

7 Aplikasi HP untuk Membantu Ibu Hamil Menjalani Masa Kehamilan dengan Lancar

7 Aplikasi HP untuk Membantu Ibu Hamil Menjalani Masa Kehamilan dengan Lancar

5 Fakta Operasi Caesar - Tak Semua Ibu Takut Rasa Sakit dan Minta Dioperasi

5 Fakta Operasi Caesar – Bukan Melulu Karena Takut Sakit dan Minta Dioperasi