7 Langkah Cara Mengatasi Kulit Kering secara Efektif dan Alami
7 Langkah Cara Mengatasi Kulit Kering secara Efektif dan Alami. Image via TheHealthSite.com
in

7 Langkah Cara Mengatasi Kulit Kering secara Efektif dan Alami

Cara mengatasi kulit kering ini sebenarnya sederhana.

Bingung bagaimana cara mengatasi kulit kering, terutama di area wajah?

Ya, cuaca panas dan debu-debu yang beterbangan bebas ini memang bisa banget membuat kulit wajah kering, kaku dan sama sekali tak nyaman. Kalau sudah begini, duh, rasanya enggan keluar rumah dan tak percaya diri saat bertemu dengan orang-orang di luar sana.

Apalagi kalau debu-debu liar ini lantas menyumbat pori-pori kulit. Duh, bisa-bisa tersumbat, dan inilah yang membuat kulit wajah kita kering.

Tapi, ternyata, tak hanya cuaca panas saja yang menjadi “musuh” kulit kering kita. Saat kita masuk ke bulan-bulan musim penghujan, risiko kulit wajah kering itu tetaplah ada. Apalagi kalau kulit kita memang termasuk ke golongan kulit kering. Wah, sudah kering semakin kering lagi deh.

Karena kulit kering, biasanya akan muncul beberapa masalah kesehatan dan kecantikan, di antaranya:

  • Terjadi penuaan dini, karena sifat kekenyalannya berkurang, sehingga lebih rentan muncul kerut dan keriput sehingga garis-garis halus–terutama di wajah–akan semakin kentara.
  • Cenderung kusam, karena kekurangan pelembap alami dan nutrisi.
  • Lebih rentan alergi dan kurang tahan terhadap kuman, karena kemampuan perlindungan kulit menurun.
  • Rapuh sehingga lebih mudah luka dan lecet.
  • Lebih rentan meradang, hingga lebih sering terasa gatal.

Wah, ternyata dampak kulit kering ini tak bisa diremehkan ya? Karena itu, kita harus segera mencari cara mengatasi kulit kering ini dengan cepat dan efektif. Tapi, bagaimana ya?

Tak perlu khawatir. Permasalahan kulit yang kering ini bisa kita atasi kok dengan relatif sederhana. Mari kita lihat beberapa rekomendasi cara mengatasi kulit kering berikut yang dapat kita lakukan secara rutin, untuk mengembalikan kelembapan alami kulit.

 

7 Langkah cara mengatasi kulit kering secara efisien dan alami

 

7 Langkah Cara Mengatasi Kulit Kering secara Efektif dan Alami
7 Langkah Cara Mengatasi Kulit Kering secara Efektif dan Alami. Image via TheHealthSite.com

1. Rutin mencuci kulit dengan air bersih

Dengan kata lain, rajin mandi. Untuk wajah, terutama, jangan sampai lupa tidak dicuci apalagi kalau sehabis bepergian.

Ada banyak “benda” yang menempel di kulit kita setelah kita beraktivitas seharian, yang bisa menutup pori-pori yang seharusnya berfungsi sebagai jalur keluar masuknya zat dan gas. Apalagi kulit wajah nih yang sudah tertutup makeup. Sudah begitu, makeup berlapis-lapis dan waterproof lagi.

Seperti halnya saluran air yang mampat, tentu saja akan tak baik untuk kesehatan kita, bukan?

Dengan sering-sering mencuci kulit–atau mandi dan membasuh muka–kita sudah mengurangi sumbatan-sumbatan yang terjadi ini sehingga oksigen bisa kembali masuk ke dalam pori-pori. Hal ini bisa mengembalikan kelembapan alami kulit kita.

 

2. Hindari pemakaian sabun muka yang membuat kulit wajah kering

Untuk wajah, memang cara mengatasi kulit kering yang paling efisien adalah rajin membasuhnya. Namun, perhatikan pula sabun muka yang kita pakai. Jangan memakai sabun muka yang terasa kering pada kulit. Biasanya sih, sabun jenis ini akan membuat kulit lebih kaku setelah dipakai.

Gantilah dengan sabun muka yang lebih banyak mengandung pelembap dan lebih alami.

 

3. Jangan lupa gunakan pelembap setiap kali keluar rumah

Pelembap menjadi produk paling penting dalam perawatan kulit kering–baik itu pelembap wajah ataupun body lotion.

Pilihlah pelembap yang khusus dibuat untuk merawat kulit kering ya, agar kandungan moisturizer-nya lebih banyak. Hindari yang mengandung zat logam berbahaya dan korosif untuk kulit. Terutama jika kulit kita termasuk jenis kulit sensitif.

 

4. Rutin merawat kulit wajah dengan masker alami

Di pasaran memang banyak yang dijual masker-masker siap pakai, tetapi tentu akan lebih sehat kalau kita bisa membuatnya sendiri. Kita bisa mempergunakan bahan-bahan yang lebih alami, tanpa campuran zat kimia sama sekali.

Kita bisa memakai buah-buahan sebagai bahan masker wajah alami kita. Beberapa buah yang sering dipakai sebagai masker adalah avokad, pepaya, jeruk, tomat, stroberi, mentimun, nanas, mentimun, bahkan mengkudu. Masing-masing buah ini ada khasiatnya sendiri-sendiri terhadap kulit.

Cara membuat masker wajah alami dengan buah ini sama saja semuanya dan cukup sederhana. Tinggal blender saja daging buahnya hingga lembut. Kita boleh menambahkan madu juga pada buah-buah yang sudah dihaluskan ini, untuk menambah efek melembapkan. Balurkan masker ke wajah dan bagian tubuh yang terasa kering, lakukan secara rutin.

Dijamin, setelah perawatan dengan buah-buahan ini, kulit kita akan lebih kencang, cerah, dan lembut.

 

5. Jangan sampai kekurangan cairan

Hidrasi penting banget untuk menjaga kelembapan kulit tubuh secara keseluruhan. Karena itu, jangan sampai lupa untuk memenuhi kebutuhan air dengan minum minimal 8 gelas setiap hari–lebih kalau kita punya aktivitas berat atau sering berada di luar rumah.

Air putih–selain penting untuk kelembapan kulit–juga penting untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh. Tak hanya itu, air juga merupakan bahan detoks alami yang bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun melalui keringat dan hasil buangan lainnya.

Kita juga boleh menambahkan menu jus buah dalam daftar minuman sehari-hari kita. Pastikan saja tak terlalu banyak gula.

 

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Selain sebagai pemasok cairan yang baik, buah dan sayur juga kaya akan serat dan vitamin.

Vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur ini bisa membantu kulit dalam beregenerasi, kulit baru menggantikan sel kulit yang telah mati.

 

7. Gunakan perlindungan tambahan saat keluar rumah

Misalnya saja, memakai topi untuk melindungi wajah, mengenakan cardigan atau jaket untuk melindungi kulit tangan, dan memakai tabir surya yang sesuai.

 

Nah, demikian 7 langkah cara mengatasi kulit kering kita. Semoga langkah-langkah di atas bisa mengembalikan kelembapan alami kulit ya?

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

9 Cara Tumbuhkan Kedekatan antara Bayi Baru Lahir dan Ibu untuk Cegah Baby Blues Syndrome

9 Cara Tumbuhkan Kedekatan antara Bayi Baru Lahir dan Ibu untuk Cegah Baby Blues Syndrome

7 Cara Mendidik agar Mereka Dapat Mengelola Emosi dengan Tepat

7 Cara Mendidik Anak agar Mereka Dapat Mengelola Emosi dengan Tepat