Pantai di Bantul: Pantai Parangkusumo
Pantai di Bantul: Pantai Parangkusumo. Image via www.wisatabagus.net
in

9 Objek Wisata Pantai di Bantul Yogyakarta yang Selalu Ramai Setiap Masa Liburan Tiba

Pantai di Bantul memiliki pasir kelabu, dan punya ciri khas masing-masing.

Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali objek wisata alam, padahal luas wilayahnya tak seberapa. Misalnya saja, objek wisata pantai. Yogyakarta punya garis pantai yang cukup panjang, mulai dari Kulon Progo sampai Gunung Kidul. Beberapa di antaranya bahkan berjarak cukup dekat satu dengan yang lainnya. Juga beberapa pantai di Bantul.

Bantul adalah salah satu nama kabupaten di Yogyakarta yang mempunyai luas kira-kira 500 km persegi. Satu kabupaten ini luasnya hampir sama dengan kota Jakarta yang 600 km persegi lebih sedikit.

Bantul berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, yang memungkinkannya memiliki objek wisata pantai selatan yang luar biasa. Tapi, berbeda dengan pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki pasir pantai berwarna putih, pantai di Bantul memiliki pasir kelabu.

Tapi, soal ciri khas, pantai di Bantul tak kalah dari pantai-pantai di Gunung Kidul. Belum lagi soal cerita-cerita mistis yang sering berkembang di lokasi wisata alam ini, yang menambah daya tarik wisatawan tersendiri.

 

9 Pantai di Bantul yang selalu ramai di setiap masa liburan

 

1. Pantai Pandansimo

Pantai di Bantul: Pantai Pandansimo
Pantai di Bantul: Pantai Pandansimo. Image via Jalan2.com

Kita akan mengunjungi satu per satu pantai di Bantul yang populer mulai dari barat, yaitu Pantai Pandansimo.

Nama Pandansimo berasal dari ‘pandan’ yang merupakan nama pohon, dan ‘simo’ yang berarti singa. Dulunya sih di sini banyak tumbuh pohon pandan dengan daun-daunnya yang lebat bagai rambut singa.

Suasana mistis di pantai ini masih sangat kental, sehingga dijadikan sebagai tempat tirakatan oleh Sri Sultan HB VIII.

Kalau berkunjung ke sini, kita juga akan bisa menikmati pemandangan banyak sekali kincir angin pembangkit energi. Cantik banget!

 

2. Pantai Baru

Pantai di Bantul: Pantai Baru
Pantai di Bantul: Pantai Baru. Image via Tribunnews.com

Namanya Pantai Baru, apakah berarti ini pantai yang baru saja dibangun? Betul sekali, pantai ini termasuk yang paling baru dikembangkan oleh pemerintah Bantul. Kondisinya masih sangat bersih dan belum terlalu ramai.

BACA JUGA:  Trik Wisata Kuliner ala Food Blogger dan Food Instagrammer Tanpa Boros

Di sini kita juga akan bisa menemukan deretan kincir angin pembangkit energi. Pemandangannya juga khas karena dihiasi oleh deretan pohon Cemara Udang, yaitu pohon cemara yang tumbuh melebar dan pendek, alih-alih pohon cemara yang tumbuh menjulang tinggi..

 

3. Pantai Kuwaru

Pantai di Bantul: Pantai Kuwaru
Pantai di Bantul: Pantai Kuwaru. Image via Pawulan’s Blog

Berjalan ke arah timur, ada Pantai Kuwaru yang masih segaris pantai dengan Pantai Baru. Di sini juga banyak tumbuh pohon Cemara Udang.

Nikmati suasana pantai di Pantai Kuwaru sambil makan di warung-warung makan di bibir pantai yang menyediakan berbagai olahan makanan seafood dengan harga murah.

 

4. Pantai Patehan

Pantai di Bantul: Pantai Patehan
Pantai di Bantul: Pantai Patehan. Image via Jogja Empat Roda

Pengin melihat pemandangan laut dari mercusuar? Coba kunjungi Pantai Patehan di Pandansari ini, yang tingginya setara 7 lantai.

Di pantai ini, tak hanya bisa menikmati pemandangan laut yang luar biasa, tapi kita juga bisa mengunjungi agrowisata kebun buah naga lo. Petik sendiri buahnya, lalu dimakan langsung atau mau dijadikan oleh-oleh.

 

5. Pantai Gua Cemara

Pantai di Bantul: Pantai Gua Cemara
Pantai di Bantul: Pantai Gua Cemara. Image via Tribun Jogja.

Masih satu garis pantai dengan Pantai Baru, Kuwaru, dan Pandansimo, jangan lupa kunjungi juga Pantai Gua Cemara.

Di sinilah paling banyak tumbuh pohon-pohon Cemara Udang, karena itu disebut dengan Gua Cemara. Banyak lorong-lorong bersuasana mistis yang dibatasi oleh pohon Cemara Udang dan cabang-cabangnya. Suasanya sejuk dan teduh.

 

6. Pantai Depok

Pantai di Bantul: Pantai Depok
Pantai di Bantul: Pantai Depok. Image via JejakPiknik.com

Kalau menggemari makanan seafood, pantai ini wajib banget dikunjungi, karena di pantai inilah ada lokasi tempat pelelangan ikan paling murah yang pernah ada.

Kalau mau langsung dinikmati, kita bisa mengunjungi salah satu warung yang ada di pinggir Pantai Depok. Dijamin ikannya segar, karena biasanya baru ditangkap di pagi harinya. Atau beli mentah saja, lalu dimasak sendiri di rumah.

BACA JUGA:  Ini Dia 9 Pantai Terindah di Indonesia - Masukkan ke Bucket List Yuk!

 

7. Pantai Samas

Pantai di Bantul: Pantai Samas
Pantai di Bantul: Pantai Samas. Image via Tempatwisatakeluarga.com

Pantai Samas sangat khas dengan ombaknya yang ganas dan besar. Karena itu, lebih baik kita waspada jika berkunjung ke pantai ini. Ada larangan keras untuk berenang.

Tapi di pantai ini juga, kita bisa menikmati danau air tawar. Ya, unik bukan? Ada danau air tawar di pinggir pantai.

 

8. Pantai Parangkusumo

Pantai di Bantul: Pantai Parangkusumo
Pantai di Bantul: Pantai Parangkusumo. Image via www.wisatabagus.net

Pantai Parangkusumo merupakan pantai yang dianggap sangat sakral oleh masyarakat Yogyakarta pada umumnya, lantaran di sinilah konon terletak gerbang menuju Keraton Kidul, istana Nyi Roro Kidul–sang ratu penguasa laut selatan.

Di pantai inilah semua ritual budaya khas Yogyakarta diadakan.

Di sini juga ada tempat yang diceritakan sebagai lokasi pertemuan Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul, yang disebut Cepuri.

Pantai Parangkusumo juga terkenal dengan gumuk pasirnya. Kalau ada nyali, kita bisa mencoba sandboarding di sini.

 

9. Pantai Parangtritis

Pantai di Bantul: Pantai Parangtritis
Pantai di Bantul: Pantai Parangtritis. Image via JejakPiknik.com

Ini dia pantai di Bantul yang paling populer. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari pusat kota Bantul dan juga mudah dijangkau, membuat pantai ini selalu menjadi objek wisata wajib kunjung di musim liburan.

Kalau ke sini, jangan sampai melewatkan aktivitas-aktivitas yang seru yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari naik bendi berkuda satu, juga naik ATV. Atau mungkin paralayang akan lebih menantang.

 

Itulah dia 9 pantai di Bantul Yogyakarta yang punya ciri khas dan daya tarik masing-masing, dan biasanya selalu ramai di musim liburan.

Mau ikut menikmatinya? Yuk, rencanakan perjalanan wisata mulai sekarang.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Waspadai 6 Gaya Suami Selingkuh yang Baru

Waspadai 6 Gaya Suami Selingkuh yang Baru

Resep sup ayam jamur

3 Resep Sup Segar Cocok untuk Cuaca yang Sedang Tak Menentu