6 Jenis Perlengkapan Bayi yang Harus Sudah Siap Sebelum Si Kecil Lahir
in

6 Jenis Perlengkapan Bayi yang Harus Sudah Siap Sebelum Si Kecil Lahir

Siapkan dulu, biar tak heboh saat HPL datang, juga tak boros karena semua barang dibeli.

Bagaimana kabar kandungan yang sudah semakin mendekati Hari Perkiraan Lahir alias HPL? Sudah siap menyambut si bayi mungil kesayangan itu? Rumah sudah dibersihkan? Kamar bayi sudah disiapkan? Apakah sudah sempat belanja perlengkapan bayi?

Pastinya berbagai rasa bercampur aduk sekarang ya? Bersemangat, penasaran tapi bahagia juga luar biasa. Dan pasti, ada juga sekelumit perasaan takut, waswas, yang kalau dibiarkan saja bisa menimbulkan stres tersendiri.

Tenang. Tak perlu terlalu dirisaukan. Saat hari persalinan semakin dekat, yang menjadi kunci agar kita nyaman menjalaninya adalah persiapan yang baik dan matang.

Dokter kandungan dan rumah bersalin atau rumah sakit mungkin sudah kita pilih, kamar bayi juga sudah disiapkan, sudah sering melakukan latihan pernapasan, tas berisi perlengkapan ibu untuk bersalin pun sudah siap tinggal tenteng.

Nah, persiapan lain yang juga harus dilakukan adalah menyiapkan perlengkapan bayi yang wajib dimiliki.

Biasanya nih, terutama bagi yang belum berpengalaman, belanja keperluan dan perlengkapan bayi ini sebisa mungkin selengkap-lengkapnya. Semua barang keperluan bayi kalau perlu dibeli. Just in case, katanya.

Padahal sebenarnya kita hanya butuh beberapa perlengkapan bayi mendasar saja dulu, untuk menyambut begitu si bayi datang. Yang lain bisa kita lengkapi sambil jalan, jika membutuhkan.

Lalu, perlengkapan bayi apa saja yang harus disiapkan sejak sebelum waktu kelahiran bayi tiba? Mari kita lihat satu per satu.

 

Beberapa perlengkapan bayi yang harus kita miliki sebelum hari kelahiran tiba

 

Ternyata Ini Bedanya Perawatan Bayi Baru Lahir yang Dulu dan Sekarang

1. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi yang harus disiapkan ini tak perlu yang terlalu komplet.

Kadang yang membuat pengeluaran keluarga menjadi boros saat ada bayi baru lahir adalah karena orang tua tak dapat memperkirakan perlengkapan seperti apa saja yang disiapkan, sehingga malah jadi mubazir. Salah satu pos pengeluaran yang kadang mubazir adalah di pos perlengkapan mandi ini.

Yang paling penting adalah sampo dan sabun, kita bisa memilih yang terpisah ataupun yang varian top to toe supaya lebih praktis. Disesuaikan saja dengan kondisi.

Akan lebih baik lagi jika kita pilih produk perlengkapan mandi ini yang terbuat dari bahan alami dan bebas bahan kimia, untuk mengurangi tingkat risiko alergi pada bayi.

Selain sampo dan sabun, persiapkan juga handuk dengan bahan yang lembut, dan ember khusus untuk memandikan bayi.

 

2. Pakaian bayi

Pakaian bayi merupakan hal berikutnya yang harus disiapkan dengan matang. Pos belanja pakaian bayi ini juga biasanya menjadi pos kedua yang membuat pengeluaran keluarga boros dan mubazir, lantaran terlalu banyak yang dibeli tapi tak semua bisa dipakai.

Jenis yang harus disiapkan adalah yang berlengan panjang dan pendek, pakaian yang bisa dipakai saat cuaca gerah, pakaian yang dipakai untuk cuaca dingin, pakaian untuk bepergian, kaus dalam, popok kain (jika memang akan menggunakan popok kain). Semua dalam jumlah seperlunya saja dulu.

Jika dalam perjalanannya dirasa kurang, kita akan selalu bisa menambah sembari menyesuaikannya dengan bujet bulanan, bukan?

Yang pasti, pilihlah pakaian yang berbahan mudah menyerap keringat dan ringan, misalnya katun.

 

3. Selimut, kain bedong, dan gendongan bayi

Selimut dan kain bedong juga harus dipersiapkan sebelum kedatangan si bayi.

Selimut dan kain bedong ini dipakai untuk menjaga kehangatan tubuh bayi. Bayi pada umumnya lebih suka tetap merasa hangat seperti saat ia berada dalam rahim, ketimbang dibiarkan kedinginan.

Meski harus bisa menghangatkan bayi, namun pilihlah selimut yang terbuat dari bahan katun yang halus, bersifat dingin, dan tak membuat alergi pada bayi saat dipakaikan.

Kita juga akan memerlukan gendongan bayi. Ada berbagai jenis gendongan bayi yang bisa dipilih sekarang ini, sudah bukan sekadar kain panjang saja. Ada yang model baby wrap ataupun baby carrier.

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Kalaupun misalnya lebih enak menggendong bayi dengan gendongan model kain tradisional pun tak masalah.

Tapi, khusus untuk bayi baru lahir, sebaiknya memang digendong dengan kain tradisional karena akan lebih nyaman untuk si bayi sendiri. Saat si bayi sudah berusia 3 bulan lebih, kita bisa menggendongnya dengan baby carrier ataupun baby wrap.

 

4. Kasur bayi

Jika kita memutuskan untuk menidurkan bayi dalam ranjang terpisah, maka kita pun harus punya kasur bayi. Pilihlah yang sekalian mempunyai jaring pelindung dari serangga, agar kenyamanan bayi tidur terjaga.

Namun, jika kita memutuskan bayi akan tidur bersama kita, maka tak perlu membeli kasur bayi.

 

5. Tas bayi

Tas bayi ini akan penting kalau kita hendak mengajak si bayi pergi kelak. Misalnya, membawanya imunisasi, atau saat kita mengajaknya mengunjungi kakek dan nenek.

Tas bayi ini juga menjadi salah satu perlengkapan ibu yang juga wajib dibawa saat hari persalinan tiba ke bidan atau rumah bersalin atau rumah sakit. Masukkan semua perlengkapan bayi yang akan diperlukan nanti di sana dalam satu tas ini.

Pilihlah tas dengan kualitas bahan yang bagus dan kuat, karena barang-barang keperluan bayi itu banyak sekali.

 

Nah, itu dia 5 perlengkapan bayi yang harus kita persiapkan, untuk menyambut kedatangan si buah hati kesayangan.

Sudah siapkah semuanya? Kalau belum, yuk, sambil jalan-jalan memperlancar jalan lahir, kita belanja.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Hamil di Usia 35 Tahun - Fakta dan Risiko Apa Saja yang Harus Dihadapi?

Hamil di Usia 35 Tahun – Fakta dan Risiko Apa Saja yang Harus Dihadapi?

7 Langkah Cara Merawat Bulu Mata Secara Alami Agar Lentik, Tebal, dan Cantik

7 Langkah Cara Merawat Bulu Mata Secara Alami Agar Lentik, Tebal, dan Cantik