7 Langkah Cara Merawat Bulu Mata Secara Alami Agar Lentik, Tebal, dan Cantik
in

7 Langkah Cara Merawat Bulu Mata Secara Alami Agar Lentik, Tebal, dan Cantik

Sejak dulu, bagian mata selalu menjadi fokus perhatian saat kita makeup, dan salah satu bagian mata yang bisa memberi pengaruh yang cukup besar pada tampilan wajah secara keseluruhan adalah bulu mata.

Hampir setiap perempuan sepertinya selalu ingin punya bulu mata yang lentik dan tebal. Namun, ternyata keinginan ini tak bisa terwujud pada setiap orang.

Tapi manusia memang tak pernah kehilangan akal. Zaman sekarang, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk melentikkan dan menebalkan bulu mata. Sebut saja dengan aplikasi maskara, penggunaan bulu mata palsu, hingga ekstensi bulu mata, atau eyelash extension.

Tapi ternyata cara-cara yang sering ditempuh ini kadang harus pula dibayar mahal, lantaran bulu mata menjadi lemah, gampang rontok dan rusak. Duh. Malah jadi botak deh.

Belum lagi munculnya berbagai penyakit mata lantaran paparan zat kimia yang menyertai produk-produk kecantikan yang kita gunakan dalam perawatan bulu mata tersebut. Aduduh.

Jika ingin memiliki bulu mata yang lentik, tebal, dan cantik, hal ini bisa didapatkan dengan cara alami kok.

Ingin tahu caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut sampai selesai ya.

 

7 langkah cara merawat bulu mata secara alami agar selalu tampak lentik, tebal, dan cantik

Ini Dia 21 Trik Cantik Tata Rias Mata Agar Makin Wow!

1. Aplikasikan bahan penumbuh dan penebal bulu mata

Ada beberapa bahan alami yang bisa kita aplikasikan sebagai penumbuh dan penebal bulu mata ini. Pilihlah yang paling mudah ditemukan, yaitu:

  • Minyak jarak, yang sampai saat ini masih diyakini merupakan salah satu bahan penumbuh bulu mata paling efektif dan alami. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya ke permukaan bulu mata sesaat sebelum tidur, atau bisa juga setiap kali hendak bepergian.
  • Kapsul vitamin E yang mudah ditemukan di apotek-apotek. Pecahkan beberapa kapsul, lalu aplikasikan ke bulu mata dengan menggunakan sikat khusus.
  • Minyak zaitun, minyak almond, minyak rosehip, minyak argan, minyak avokad, ataupun minyak wijen. Minyak-minyak ini adalah minyak-minyak yang terbuat dari bahan alami yang bisa menutrisi, melembapkan, dan menguatkan bulu mata.
  • Teh hijau, yang ternyata tak hanya sehat untuk tubuh, tapi juga bisa berguna untuk memanjangkan bulu mata. Seduh saja teh hijau, dan biarkan dingin. Lalu aplikasikan pada bulu mata dengan hati-hati. Kandungan kafein dan flavonoids dalam teh hijau akan mamu menjaga kekuatan bulu mata dan mempercepat pertumbuhan bulu mata baru.
  • Lidah buaya, yang sudah terpercaya mampu menyuburkan rambut, ternyata juga baik kalau diaplikasikan untuk merawat bulu mata. Bulu mata menjadi lebih tebal dan kuat.

Nah, untuk mengaplikasikan semua bahan alami di atas, kita bisa menggunakan sikat khusus untuk bulu mata ataupun cotton bud. Hindarilah penggunaan tangan secara langsung, karena dapat mengontaminasi mata dengan kuman serta mengganggu kenyamanan mata.

 

2. Hindari penggunaan bulu mata palsu yang terlalu sering, apalagi ekstensi bulu mata

Agar perawatan bulu mata dengan bahan alami di atas lebih efektif, imbangi dengan perawatan yang lain. Salah satunya adalah dengan menghindari penggunaan bulu mata palsu yang terlalu sering, dan juga ekstensi bulu mata.

Yah, kok harus dihindari ya?

Ya, pasalnya lem bulu mata yang digunakan saat kita mengenakan bulu mata palsu ataupun ekstensi bulu mata justru bisa membuat akar bulu mata yang asli menjadi lemah, sehingga mengakibatkan bulu mata mudah rontok.

Ya, sesekali masih bolehlah demi penampilan cantik seperti princess yang cetar membahana. Tapi sebaiknya batasi agar jangan terlalu sering.

 

3. Bersihkan makeup hingga tuntas

Jangan lupa untuk selalu membersihkan makeup setiap harinya hingga tuntas, terutama makeup mata. Mulai dari perona mata, eyeliner, dan maskara, yang bisa sangat membebani mata.

Gunakan pembersih makeup berbahan dasar minyak untuk menghapus produk kecantikan waterproof. Semakin bersih mata dari makeup, semakin sehatlah bulu mata kita.

 

4. Makan makanan sehat dan kaya nutrisi

Ya, perawatan kecantikan apa pun akan percuma saja kalau tak didukung dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Seperti kata para pakar kesehatan, perawatan dari dalam itu juga sangat penting, sepenting perawatan dari luar.

Jadi, pastikan untuk selalu mengonsumsi buah-buahan, sayur, dan karbohidrat kompleks, agar bulu mata kita tetap tebal, lentik, sehat, dan kuat ya.

 

5. Sikat dengan sikat bulu mata yang benar-benar bersih

Berbagai kotoran dan debu bisa menempel pada bulu mata kita setiap harinya. Karena itu, penting untuk menjaga bulu mata agar selalu bersih.

Bersihkanlah dengan cara menyikat bulu mata dengan sikat bulu mata yang juga benar-benar bersih. Lakukanlah dengan lembut ya.

 

6. Perlakukan bulu mata dengan lembut

Hindarilah menggosok mata terlalu kuat. Juga jangan menarik-narik bulu mata jika kita ingin membersihkan makeup.

Perlakuan kasar yang kita lakukan pada mata kita akan membuat bulu mata rapuh, mudah rontok, bahkan bisa menimbulkan lecet di sekitar mata, iritisi, hingga menimbulkan keriput pada kulit sekitar mata.

 

7. Pijat kelopak mata

Pijatan lembut pada kelopak mata akan dapat menstimulasi pertumbuhan bulu mata dengan lebih baik. Lakukanlah secara rutin agar kita dapat segera mendapatkan manfaatnya.

 

Lakukan 7 langkah cara merawat bulu mata di atas secara rutin. Niscaya, bulu mata tebal, lentik, dan cantik bukan lagi sekadar mimpi.

Written by Momot Simomot

6 Jenis Perlengkapan Bayi yang Harus Sudah Siap Sebelum Si Kecil Lahir

6 Jenis Perlengkapan Bayi yang Harus Sudah Siap Sebelum Si Kecil Lahir

Ternyata Begini Lo Cara Tidur Nyenyak yang Sehat!

Ternyata Begini Lo Cara Tidur Nyenyak yang Sehat!