Panduan Gaya Fashion untuk Perempuan Bertubuh Mungil
in

Panduan Gaya Fashion untuk Perempuan Bertubuh Mungil

Para perempuan Asia, termasuk Indonesia, biasanya dianugerahi tubuh dengan ketinggian yang tak sesemampai para perempuan Eropa dan Amerika. Tapi meski memang sudah dari sononya, banyak juga yang resah mengenai tubuh yang tak tinggi ini. Padahal, yang kita perlukan hanyalah kemampuan untuk bisa menyesuaikan dengan gaya fashion yang oke.

Lebih parah lagi, ada yang memang dianugerahi tubuh lebih mungil lagi ketimbang yang mungil-mungil. Jadinya, kita merasa kurang percaya diri deh, karena ukuran tubuh yang “mini” ini. Lha tapi, mau apa lagi coba ya?

Apalagi untuk perempuan usia 18 tahun ke atas yang sudah tak mungkin bisa bertambah tinggi lagi. Sudah mentok. Kalau sudah begini, ya masa kita masih tetap memaksakan pengin tumbuh lebih tinggi lagi. Gimana caranya, coba? Dengan digelontor protein dan susu? Sudah terlambat! Lupakan saja deh. Malah bikin makin baper.

Perempuan tubuh mungil bukan berarti tak bisa atau sulit tampil gaya, karena gaya fashion itu sebenarnya tak terpengaruh pada tinggi atau mungilnya tubuh kita. Justru yang penting adalah cara kita memilih dan menyesuaikannya.

Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah dengan memilih gaya fashion dan busana yang sesuai, yang bisa membuat kita jadi tampak lebih tinggi dan proporsional.

Untuk mendapatkan gaya fashion yang cocok ini, kita juga tak selalu harus memborong baju-baju branded di mal kok. Bahkan, kita bisa memanfaatkan baju-baju dan aksesori fashion yang sudah kita punya.

Mau tahu caranya? Baca artikel ini sampai selesai ya.

 

Tampil cantik meski bertubuh mungil dengan 5 langkah memilih gaya fashion yang cocok

4 Produk Fashion Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan - Batasi Pemakaiannya!

1. Pilihan Baju Atasan

Nah, yang pertama kali harus diperhatikan adalah pilihan baju atasan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Pakailah baju well-fitted, alias pas di tubuh. Termasuk jika ingin mengenakan dress terusan. Pilihlah yang ukurannya pas.
  • Jangan tergoda untuk mencoba baju-baju oversized, terutama untuk blazer atau celana. Hal ini akan membuat tubuh kita semakin terlihat tenggelam.
  • Akan lebih baik lagi jika memilih atasan dengan model V-neck, karena akan memberikan ilusi lebih panjang pada tubuh bagian atas kita.
  • Boleh juga sesekali tampil dengan maxi dress, yang panjangnya sampai ke mata kaki. Atau kalau berani, boleh coba yang sampai menyentuh tanah, tapi hati-hati kalau melangkah ya. Lengkapi dengan sepatu high heels, untuk tampilan yang lebih maksimal.
  • Baju dengan motif garis vertikal yang kecil-kecil juga bisa menjadi pilihan, karena bisa memberikan kesan tubuh yang lebih panjang.

Untuk pilihan warna, paling aman memang menggunakan warna-warna monokrom. Monokrom di sini bukan berarti hanya hitam dan putih ya, melainkan warna-warna yang senada antara baju atasan dan bawahannya, tidak colorful, atau mencolok.

 

2. Pilihan Bawahan Rok atau Celana

Kalau suka memakai celana jeans, pilihlah model celana jeans skinny, tapi pastikan panjangnya pas ya, yaitu sedikit di atas mata kaki. Kalau tak suka mengenakan skinny jeans, kita bisa memilih model celana jeans bottom-flare, yaitu celana jeans yang melebar di bagian bawah. Celana jeans model boots-cut juga aman untuk dipakai oleh perempuan bertubuh mungil.

Celana palazzo juga bisa di jadikan pilihan. Atau boleh juga pilih yang model high-waisted, karena bisa memberi kesan kaki yang lebih panjang. Padukan dengan top crop, untuk tampilan chic dan seksi.

Untuk rok, perempuan bertubuh mungil sebenarnya punya banyak pilihan, mau rok mini atau midi yang sedikit di bawah lutut. Mau rok panjang boleh juga, asal padukan dengan sepatu yang pas juga.

 

3. Pilihan potongan rambut

Agar gaya fashion yang sudah dijelaskan di poin-poin sebelumnya di atas makin masuk, maka padankan dengan gaya rambut yang pas juga untuk perempuan bertubuh mungil.

Sebaiknya kita berhati-hati kalau ke salon untuk memotong rambut. Jangan terlalu pendek, karena memberikan ilusi wajah yang lebih chubby. Namun, juga jangan terlalu panjang, apalagi berantakan dan terlalu mengembang, karena juga akan menenggelamkan tubuh kita.

Rambut sebahu, yang jatuh di sepanjang leher atau bahu akan membuat leher kita menjadi terlihat lebih jenjang. Hasilnya, kita juga akan terlihat lebih tinggi.

Konsultasikanlah hal ini dengan sang penata rambut ya, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

4. Pilihan sepatu

Apalah artinya kita memilih gaya fashion yang paling cocok untuk tubuh mungil, kalau kita masih belum bisa memilih sepatu yang pas untuk mendukung penampilan kita. Betul?

Untuk ilusi tubuh yang lebih tinggi, pastikan kita memilih high heels–meskipun yang tak terlalu tinggi pun tak mengapa, misalnya sekitar 5 cm saja juga sudah cukup–atau bisa juga memilih ankle boots.

Akan lebih sempurna lagi jika kita mengenakan pointed toe heels. Ilusi tubuh lebih tinggi makin proporsional deh.

Meski memang lebih nyaman, tapi flat shoes tak bisa menyelamatkan tubuh mungil kita. Jadi, kalau bisa sih dihindari penggunaannya.

Untuk warnanya, akan lebih maksimal jika memilih warna-warna netral yang sama dengan kulit. Dengan demikian, tubuh akan terlihat semakin proporsional.

 

5. Pilihan Tas

Kalau kita memiliki tubuh yang mungil, maka sebaiknya hindari memakai oversized bag, lantaran secara visual, tubuh kita yang mungil akan tertutup oleh besarnya tas.

Jadi, lebih baik gunakan tas yang kecil dan mungil saja supaya tubuh kita terlihat lebih proporsional.

 

Nah, semoga sedikit tip memilih gaya fashion yang tepat untuk perempuan bertubuh mungil di atas bisa sedikit membantu kita yang memang punya ukuran lebih mini dibanding perempuan pada umumnya.

Yang penting, pede aja lagi!

Written by Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

Pantai terindah di Indonesia Raja Ampat Papua

Ini Dia 9 Pantai Terindah di Indonesia – Masukkan ke Bucket List Yuk!

Jangan Pernah Katakan 7 Hal Ini pada Mereka yang Susah Hamil

Jangan Pernah Katakan 7 Hal Ini pada Mereka yang Susah Hamil