4 Tip Ajak Anak Nonton TV secara Sehat
in

4 Tip Ajak Anak Nonton TV secara Sehat

Tapi pastikan dulu kalau kita juga suka nonton acara yang sehat

Anak-anak suka sekali nonton TV? Betah, bisa berjam-jam hingga sulit mengalihkan perhatiannya?

Barangkali juga sudah banyak usaha yang kita lakukan agar dia agak menjauh dari televisi, misalnya dengan mengajaknya bermain beberapa permainan tradisional atau edukatif lainnya, tapi tak juga mempan?

Yah, nonton TV memang mengasyikkan. Jangankan anak-anak yang sangat haus akan hal baru, kita-kita yang sudah dewasa saja ada yang tak bisa lepas dari televisi. Berjam-jam menonton sinetron atau variety dan reality show yang sekarang sedang menjamur.

Namun, di balik ancaman kecanduan yang disebabkan oleh televisi, sebenarnya anak-anak ini bisa kok mengambil pelajaran dari acara-acara TV yang mereka tonton. Memang perlu pendampingan dan pengawasan ekstra dari kita, orang tuanya, tapi banyak kok acara TV yang memang bisa menghibur, menstimulasi, dan memberikan pengetahuan bagi si pengin serba tahu ini. Soal pendampingan dan pengawasan, bukankah itu memang menjadi tugas kita sebagai orang tua?

Jadi, seharusnya hal ini tak perlu dijadikan beban, sehingga menjadi satu hal negatif yang akhirnya menjadi penyakit. Mengapa tak kita manfaatkan sebaik-baiknya hingga kita hanya mendapatkan pengaruh positif saja?

Memangnya bisa? Bisa dong.Karena itu, orang tua harus pandai-pandai memilihkan acara-acara televisi yang tepat yang bisa ditonton oleh anak-anak, dan kemudian mendampingi mereka saat nonton TV, dan bukannya sibuk sendiri dengan gadget masing-masing.

Pastikan acara televisi yang ditonton oleh anak-anak harus benar-benar sesuai dengan perkembangan usia dan kecerdasan mereka. Bahkan nih, sebenarnya, untuk anak prasekolah dan balita, acara TV bisa membantu mereka untuk mengenal abjad, berbicara bahasa asing, dan bahkan bisa membuatnya terbiasa mengatasi masalah (problem solving) lo.

Nah, makanya ya, semua ini memang balik lagi pada kita sebagai pengguna teknologi. Bisa nggak sih kita memanfaatkan teknologi ini dengan bijak? Jika dirasa teknologi ini akhirnya hanya merusak, berarti masih ada beberapa hal (lebih tepatnya: mindset) yang memang harus diubah dulu sebelum mulai menggunakan berbagai produk teknologi ini dengan baik.

BACA JUGA:  Quality time bareng keluarga tidak perlu mahal, coba 5 tips menarik ini.

Meski demikian, ada baiknya untuk juga bagi orang tua untukmembatasi waktu anak-anak nonton TV. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak yang berusia di atas 2 tahun sebaiknya menonton TV tak lebih dari 1 hingga 2 jam saja setiap harinya. Dan tentu saja, orang tua bisa melakukan hal-hal berikut untuk membiasakannya menonton TV secara sehat.

 

4 Hal yang harus dilakukan oleh orang tua agar anak bisa nonton TV secara sehat

Prestasi Menurun, Begini Cara Membantu Anak Belajar Agar Kembali Meningkat di Sekolah

Dampingi anak nonton TV

Kita harus ikut bersamanya nonton acara TV yang dipilihnya.

Jika tidak bisa mendampinginya selama acara berlangsung, maka temanilah si kecil di lima menit pertama, kemudian sesekalilah mengintip apa yang sedang ditontonnya.

Ini terutama jika televisi tidak diletakkan di ruang keluarga, atau ruang lain yang bisa dilihat sewaktu-waktu ya. Misalnya jika si kecil punya pesawat TV sendiri di kamarnya.

Batasi waktu

Tentukan pukul berapa hingga pukul berapa si kecil diizinkan untuk nonton TV.

Kalau TV sudah dimatikan, maka segera gantikan dengan berbagai hal yang bisa menstimulasi kecerdasannya yang lain. Misalnya buku, mainan, ataupun puzzle.

Dengan demikian, perhatiannya akan teralihkan, sehingga si anak tahu, bahwa kegiatan bermain tak kalah asyiknya dengan nonton TV.

 

Ajak diskusi

Segera ajak anak diskusi begitu ada adegan yang tak menyenangkan dalam acara TV yang sedang ditontonnya. Misalnya, jika ada adegan perkelahian, atau bentuk kekerasan lain, baik verbal maupun fisik.

Tanyakan padanya, apa yang salah dalam adegan tersebut, apa yang seharusnya dilakukan agar kita tak harus sampai berantem, dan sebagainya. Tanyakan pendapatnya, dan hargai semua opininya.

Beri contoh

Nah, ini nih yang sering dilupakan oleh orang tua. Sudah pasti, namanya anak-anak akan mencontoh apa yang orang tuanya lakukan.

BACA JUGA:  Kehamilan Kembar Terbanyak Di Dunia, Jangan Kaget Dengan Nomor 5!

Jadi, jika kita ingin anak kita nonton TV secara sehat, maka kita pun harus menonton acara-acara TV yang juga sehat. Jika kita ingin anak kita membatasi waktu nonton TV, maka kita sendiri juga harus membatasi waktu menonton televisi.

 

Kesimpulan dari bahasan mengajak si kecil nonton TV secara sehat ini adalah bahwa semua jenis kegiatan pada dasarnya akan mendatangkan manfaat untuk kita, juga untuk si kecil, asalkan kita bisa memilah mana yang benar berguna mana yang tidak.

Kita sendirilah yang menentukan, apakah kegiatan tersebut banyak manfaatnya ataukah ruginya.

Nah, selamat nonton TV bersama si kecil ya.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Tip Memilih Produk Kecantikan yang Sesuai dengan Masalah dan Jenis Kulit Kita

Tip Memilih Produk Kecantikan yang Sesuai dengan Masalah dan Jenis Kulit Kita

Mau Membakar Lemak Secara Efektif? Beberes Rumah Saja!

Mau Membakar Lemak Secara Efektif? Beberes Rumah Saja!