Tip Memilih Produk Kecantikan yang Sesuai dengan Masalah dan Jenis Kulit Kita
in

Tip Memilih Produk Kecantikan yang Sesuai dengan Masalah dan Jenis Kulit Kita

Nggak semua formula pada produk kecantikan cocok untuk semua jenis kulit. Sebelum membeli, ketahui dulu kandungan yang tepat untuk jenis dan masalah kulit yang kita alami.

Banyaknya jenis produk kecantikan kulit yang dijual di pasaran terkadang membuat kita jadi bingung memilih ya? Apalagi semua produk kecantikan itu menawarkan aneka macam formula di dalamnya. Ada yang mengandung buah-buahan, sulfur, teh hijau, pemutih, dan banyak lagi.
Sementara tidak semua produk kecantikan yang dijual di pasaran sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit yang kita miliki.

Kalau kitanya sendiri tak paham dengan kandungan yang terdapat dalam produk tersebut, bisa-bisa maksud kita pengin memiliki kulit indah, tapi malah kulit rusak yang kita dapatkan. Haduh!

So, supaya tak sampai salah pilih produk kecantikan, sebaiknya simak dulu deh formula apa yang sesuai dengan masalah yang kita alami.

 

Tip memilih produk kecantikan yang sesuai dan tepat dengan masalah dan jenis kulit kita

7 Pembersih Wajah Alami yang Akan Bikin Muka Makin Glowing Tanpa Mahal

Kulit normal

Kita termasuk yang beruntung kalau memiliki jenis kulit normal begini. Perawatan dan riasannya lebih mudah dilakukan, karena kulit kita pada dasarnya nggak rewel.

Kulit normal memiliki gabungan dari sifat jenis kulit berminyak dan kering. Umumnya mempunyai ciri berpori kecil, permukaan lebih halus, serta punya elastisitas dan kelembapan yang baik.

Untuk jenis kulit ini gunakan selalu produk kecantikan berbahan dasar air (water-based formula) untuk mempertahankan kelembapan kulit. Selain itu, pilihlah produk yang bebas minyak (oil free), agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Mengonsumsi suplemen atau vitamin C dan E juga diperlukan untuk menambah nutrisi dan menjaga elastisitas kulit.

 

Kulit berminyak

Bagi yang memiliki kulit berminyak, kita akan memerlukan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, yaitu beta-hidroksi asam yang menghambat tingkat produksi sebum.

Bisa juga menggunakan pembersih yang mengandung sari jeruk nipis yang dapat menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.

Untuk perawatan kulit berminyak, sebaiknya gunakan produk kecantikan yang bebas minyak, misalnya minyak zaitun atau minyak geranium.

 

Kulit kering

Kulit kering membutuhkan pelembap lebih banyak kandungan minyaknya.

Untuk membedakan pelembap yang memiliki banyak kandungan minyak adalah dengan mengoleskan pelembap pada tangan. Jika terasa hangat, maka pelembap tersebut memiliki kandungan minyak lebih banyak. Sebaliknya, jika pelembap itu terasa dingin maka kandungan airnya yang lebih banyak.

Khusus untuk perawatan wajah, produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun dipercaya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit, sehingga kulit tidak mudah kering dan berkerut.

Untuk wajah, minyak zaitun dapat dicampur dengan masker atau dioleskan langsung pada kulit wajah.

Selain itu, produk dengan kandungan madu juga sangat tepat untuk mengembalikan kelembapan kulit. Kandungan madu biasanya digunaka untuk produk sabun mandi, masker, dan pelembap badan (body lotion).

 

Bibir pecah-pecah

Kurangnya konsumsi air, pergantian cuaca, atau ketidakstabilan hormon estrogen bisa mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Jika dibiarkan, bibir bisa terluka karena pengelupasan.

Untuk mengatasi masalah ini, pakailah lip balm atau pelembap bibir yang mengandung petroleum serta beeswax (minyak nabati yang terkandung dalam lilin atau sarang lebah).

Kandungan petroleum serta beeswax juga bisa ditemukan dalam produk body lotion dan sangat bermanfaat untuk mengatasi tumit pecah-pecah atau bagian-bagian kulit yang rentan dengan kekeringan, seperti siku atau lutut.

 

Jerawat

Kulit berjerawat memang membutuhkan perawatan ekstra.

Bagi yang mau membeli produk kecantikan yang sekaligus bisa mengusir jerawat, pilihlah produk kecantikan yang mengandung satu dari 5 formula penting yang dapat mengurangi timbulnya jerawat serta menghaluskan kulit.

Formula tersebut adalah:

  • salicylic acid, yang dapat membersihkan wajah dan mencegah timbulnya jerawat.
  • Benzoyl peroxide, antibiotik yang bisa mencegah peradangan akibat jerawat.
  • Sulfur, yang mampu mengangkat sel kulit mati dan rusak.
  • Astringent, cairan pembersih yang dapat mengurangi minyak di kulit
  • Glycolic acid, yang dapat membuang sel-sel kulit mati.

 

Selulit

Selulit kerap membuat kita tak percaya diri. Betul?

Untuk mengatasinya, Mama bisa menggunakan produk kecantikan pelembap tubuh yang mengandung retinol.

Retinol atau retinoic acid atau retinyl palmitatei sangat bagus untuk kulit normal dan kulit berminyak karena bermanfaat untuk menghindari kerusakan kulit.

Namun, hindari pemakaiannya bagi ibu hamil, memiliki kulit sensitif atau gatal-gatal pada kulit.

 

Garis kerut

Kerutan bisa timbul karena semakin tingginya tingkat polusi dan stres, terutama di daerah sekitar mata yang diakibatkan terlalu banyaknya paparan sinar matahari.

Proses penuaan memang akan dialami oleh setiap orang. Namun, bukan berarti kita tak bisa meminimalisasi garis kerut yang muncul di wajah. Berbagai formula dalam produk kecantikan dapat menghambat timbulnya garis kerut di wajah.

Gunakanlah produk kecantikan perawatan wajah dengan kandungan retinol, glycolic acid dan salicylic acid, serta kandungan anti oksidan seperti vitamin C yang dapat membantu regenerasi kulit.

Produk perawatan ini terdapat pada serum, pelembap, krim mata atau masker wajah. Gunakanlah sesuai dengan aturan ya.

 

Kuku rapuh

Kuku rapuh dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti melakukan kontak terlalu lama dengan air, kebiasaan buruk menggigiti kuku, serta jarang menggunakan pelembap di area sekitar kutikula.

Selain itu, kerapuhan kuku juga pertanda adanya gangguan tiroid.

Untuk memperkuat kuku, konsumsilah suplemen yang mengandung gamma linolenic acid (GLA), sejenis lemak yang menyehatkan kulit, rambut dan kuku. Sumber GLA paling bagus biasanya didapat dari minyak evening primrose dan black currant.

Makanan yang mengandung Omega 3, seperti kenari, ikan (salmon, makarel dan sarden), atau minum suplemen berisi 2-3 gram minyak ikan yang dikombinasikan dengan 1 gr EPA dan DHA, juga dapat membantu membuat kuku menjadi lebih sehat dan kuat.

 

Semoga bermanfaat ya.

Written by Momot Simomot

Agar Dapat Melahirkan Normal, Lakukan 7 Hal Berikut Supaya Selalu Sehat

Agar Dapat Melahirkan Normal, Lakukan 7 Hal Berikut Supaya Selalu Sehat

4 Tip Ajak Anak Nonton TV secara Sehat

4 Tip Ajak Anak Nonton TV secara Sehat