Jangan Lupa Merawat Rambut Setelah Berlibur ke Pantai
in

Jangan Lupa Merawat Rambut Setelah Berlibur ke Pantai

Pulang berlibur, rambut berubah jadi rambut jagung. Ih! Nay nay nay!

Berencana untuk liburan ke pantai weekend ini? Hati-hati lo! Rambut bisa rusak sekembalinya kita dari liburan di pantai. Karena itu, jadwalkan untuk merawat rambut secara khusus sekembalinya dari liburan.

Kok bisa, rambutnya jadi rusak kalau kita ke pantai?

Yah, angin dan debur ombak pantai bisa saja memang menenangkan pikiran, membuat tubuh kembali segar dan siap kembali menjalani rutinitas. Namun, ada yang harus dilindungi selama kita bersenang-senang di pantai, yaitu rambut kita.

Saat kita asyik berjemur atau berenang, rambut kita akan terpapar sinar matahari yang mengandung sinar UV. Selain itu, rambut kita juga akan terkena air laut yang asin.

Hal ini bukan hal yang baik untuk rambut, karena dapat melemahkan akar rambut, membuat rambut menjadi kering dan kusut setelahnya.

Tak mau kan, rambut rusak sekembalinya dari liburan? Sudah bersenang-senang, malah harus menghadapi masalah rambut rusak. Hilang deh rasa senangnya.

Untuk itu, lakukanlah hal-hal berikut untuk merawat rambut kita agar tetap lembut dan bersinar setelah kembali dari liburan ke pantai, meski harus terpapar sinar matahari dan terkena air asin saat berenang.

 

5 Langkah merawat rambut setelah liburan ke pantai

 

100 Cara Merawat Rambut Superlengkap - Semakin Banyak yang Dilakukan Semakin Indah Rambut

1. Lembapkan sebelum menyisir

Hindari menyisir rambut kita tepat setelah kita kembali dari pantai.

Menyisir segera setelah kita berada beberapa jam di bawah sinar matahari dapat menjadi penyebab utama mengapa rambut kita jadi rusak dan mudah kusut. Apalagi jika rambut kita panjang.

Untuk itu, tunggu sejenak hingga panas matahari berlalu dari rambut. Kemudian, sebelum menyisir, selalu oleskan terlebih dahulu kondisioner leave-on pada rambut. Setelah itu baru sisir dengan hati-hati.

 

2. Singkirkan dulu produk-produk perawatan yang bersifat ‘keras’

Selama pemulihan rambut setelah liburan ke pantai, akan lebih baik jika kita tak menggunakan gel, hair spray, dan produk-produk perawatan dan penataan rambut yang bersifat ‘keras’ yang dapat membuat rambut menjadi kering terlebih dulu.

BACA JUGA:  Waspadalah! Alat Makeup Kita Mungkin Penuh dengan Bakteri Mengerikan Ini!

Pilihlah dan gunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung pelembap ekstra. Cucilah rambut dengan kondisioner yang memiliki pelembut ekstra. Kalau perlu, cucilah rambut setiap hari hingga kelembapannya pulih kembali.

 

3. Keringkan secara alamiah

Karena sebaiknya kita menghindari pemakaian hair dryer setelah rambut kita basah karena air laut, maka biarkan rambut kering secara alami.

Pun demikian setelah kita mencuci dan membilasnya sepulang dari pantai. Juga hindari alat-alat styling rambut yang lain.

Biarkan kelembapan alami rambut kita pulih, baru kemudian kita bisa mengeringkan rambut menggunakan hairdryer seperti biasanya.

Kita bisa juga menambahkan langkah merawat rambut ini dengan mengaplikasikan masker rambut 2 – 3 kali seminggu untuk membuat rambut kita kembali mengilap dan halus.

 

4. Perhatikan sisir yang kita pakai

Ternyata sisir bisa juga membahayakan rambut kita apalagi saat dalam kondisi kering lo!

Karena itu, pastikan sisir kita memiliki ujung karet. Pastikan bahwa sikat atau sisir yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tidak berbahaya bagi kulit kepala dan rambut.

 

5. Konsumsi lemak sehat

Jika kita ingin merawat rambut secara total, maka sebaiknya rawat juga dari dalam. Caranya dengan lebih banyak mengonsumsi lemak sehat.

Tenang, lemak sehat tidak akan membuat lingkar pinggang kita melebar kok, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Misalnya, makanlah avokad sebagai menu makan siang, atau tambahkan beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian dalam salad untuk menu makan malam atau sarapan, dan menggunakan minyak zaitun untuk memasak hidangan favorit.

Lemak sehat seperti ini sangat bagus untuk rambut dan kulit, terutama jika kita suka menghabiskan waktu di pantai.

 

Dengan 5 langkah merawat rambut di atas, semoga rambut segera pulih kelembapannya ya, dan tidak semakin rusak dan rontok. Sehingga kita bisa kembali menjadwalkan untuk liburan ke pantai lagi deh!

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Tip Memilih Baju Bayi yang Aman dan Sesuai Dikenakan di Iklim Tropis

Tip Memilih Baju Bayi yang Aman dan Sesuai Dikenakan di Iklim Tropis

Cara Mengamankan Perangkat Elektronik di Rumah Agar Aman Digunakan oleh Anak-Anak

Cara Mengamankan Perangkat Elektronik di Rumah Agar Aman Digunakan oleh Anak-Anak