Cara Mengamankan Perangkat Elektronik di Rumah Agar Aman Digunakan oleh Anak-Anak
in

Cara Mengamankan Perangkat Elektronik di Rumah Agar Aman Digunakan oleh Anak-Anak

Kurangi risiko bahayanya!

Tugas berat orang tua zaman now adalah memastikan teknologi tak melukai anak-anak, baik dari konten maupun perangkatnya. Karena itu, kita harus tahu cara mengatur keamanan setiap perangkat elektronik dan teknologi yang kita miliki di rumah.

Hal ini disebabkan oleh bayi dan balita zaman now adalah anak digital yang tak lepas dari berbagai alat elektronik dan tenaga baterai. Dari mulai mereka melek bangun pagi hingga merem saat malam hari, mereka tak lepas dari gadget, peralatan elektronik, dan benda-benda berteknologi yang membantu hidup kita sehari-hari.

Maka, keamanan harus menjadi nomor satu, supaya mereka bisa mempergunakan semua perangkat tersebut sebaik-baiknya, dan mengambil semua manfaat baiknya. Setuju kan?

Yuk, kita lihat satu per satu, langkah-langkah mengatur keamanan perangkat elektronik dan teknologi kita ini.

 

Cara mengamankan perangkat elektronik di rumah

4 Tip Ajak Anak Nonton TV secara Sehat

1. Amankan layar televisi

Tayangan Baby TV memang membuat si kecil tenang dan senang menonton televisi ya?

Namun,ketika ia makin bertumbuh, makin pintar dan serba ingin tahu, ia pun mulai mencoba menggapai, bahkan menciumi layar televisi saat tokoh kesayangannya muncul.

Saat berada di dekat TB, ia lalu penasaran dengan tombol-tombol, lubang colokan yang berwarna-warni, dan berbagai kabel yang ada. Layar televisi—yang kini semakin datar—bisa menimpanya lo!

Karena itu, untuk mengamankan perangkat elektronik satu ini, lengkapilah dengan sabuk pengikat atau bracket, agar posisinya tetap mantap berada pada tempatnya. Alat ini tersedia di toko elektronik dan perlengkapan rumah.

 

2. Lindungi perangkat listrik dan rapikan juntaian kabel

Karena penasaran melihat orang tuanya mencolok kabel apa pun ke steker listrik, anak pun bisa lantas menirunya. Wah, kan bisa berbahaya, karena risiko tersengat aliran listrik alias kesetrum bisa terjadi kalau begini!

BACA JUGA:  Pertimbangkan 5 resiko ini sebelum membiarkan anak bermain gadget

Gantilah perangkat listrik lama dengan yang lebih aman—kini tersedia steker antiair, antipercikan api, dan antihangus. Coba cari info lebih lanjut di Google ya.

Rapikan juga kabel-kabel dengan klip pembenah kabel yang kini banyak tersedia di toko peralatan rumah tangga.

 

3. Simpan keping CD

Kepingan CD film atau musik termasuk benda digital yang disukai balita lo. Dengan benda itu ia bisa bercermin, melihat pelangi, dan juga bisa membenturkannya ke benda lain, bahkan bisa juga untuk digigit-gigit. Duh!

Perlu hati-hati dengan kotoran dan debu yang menempel di situ ya, Ma, dan kemungkinan patah lalu melukai jari si kecil. Mulai sekarang rapikan CD dan DVD, masukkan ke dalam boks dan simpan di tempat yang tak mudah dijangkau oleh si kecil.

 

4. Jauhkan dari baterai

Dengan kilapan dan tekstur kecil menyerupai permen, baterai mainan bisa jadi godaan menarik buat anak-anak. Apalagi di usianya yang gemar memasukkan segala macam barang ke mulut.

Namun, selain mengandung racun kimia, baterai mainan tersebut juga berisiko dapat menciptakan arus listrik dalam melalui jaringan tipis di dalam kerongkongan hingga dapat membakar atau membentuk lubang pada trakea lo! Hiy!

Maka, pilihlah mainan yang menggunakan sekrup di bagian tempat baterai, dan buanglah baterai yang sudah tidak terpakai pada tempat yang sulit ditemukan oleh si kecil ya.

 

5. Lengkapi gadget dengan pelindung

Kekhawatiran orang tua pada gadget teknologi baru jangan sampai menghambat si kecil memahami teknologi sejak dini.

Karena itu, lengkapi gadget dengan pelindung antiair dan tahan banting yang kini banyak tersedia di toko perlengkapan teknologi dengan beragam variasi bentuk dan harga.

BACA JUGA:  Waspadai Penyakit Kulit Yang Sering Muncul Pada Anak-Anak

 

Semoga dengan beberapa langkah sederhana di atas, risiko si kecil celaka karena mempergunakan berbagai perangkat elektronik dan teknologi bisa dikurangi ya.

Tetap waspada!

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

Jangan Lupa Merawat Rambut Setelah Berlibur ke Pantai

Jangan Lupa Merawat Rambut Setelah Berlibur ke Pantai

5 Tipe Kepribadian Penyebab Gagal Diet

5 Tipe Kepribadian Penyebab Gagal Diet