Ternyata Ini Alasan Mengapa Cara Diet Ala Pria Biasanya Lebih Berhasil Ketimbang Perempuan
in

Ternyata Ini Alasan Mengapa Cara Diet Ala Pria Biasanya Lebih Berhasil Ketimbang Perempuan

Rahasia sukses diet yang dijalankan para pria

Kalau diet kita tak juga menunjukkan hasil, maka mungkin sekarang saatnya kita meniru cara diet versi para pria. Lebih cepat langsing—dijamin—dan nggak menyiksa!

Menurut sebuah penelitian yang diadakan oleh British Dietic Association, ternyata saat kita ingin sukses dalam usaha diet, maka seseorang yang paling tepat dimintai nasihatnya adalah para pria.

Kok bisa?

 

Ternyata ini alasan mengapa cara diet pria umumnya lebih sukses ketimbang diet yang dilakukan oleh para wanita

 

1. Tidak bergantung pada makanan

Siapa pun tak akan bisa menyangkal bahwa perempuan itu memiliki hubungan yang mesra dengan makanan, terutama kalau lagi stres. Betul kan? Saat lagi sedih atau patah hati, maka makananlah yang kita cari. Entah itu cokelat, es krim, dan sebagainya.

Berbeda dengan pria. Ketika stres, mereka tak akan mencari makanan, melainkan aktivitas yang bisa menyedot tenaga dan energi mereka.

Alasan lainnya, hubungan kaum pria dengan makanan tak sedekat para wanita. Mereka tak terlalu mikirin makanan, sehingga kalaupun mereka harus diet, maka mereka tak terlalu merasa kehilangan makanan kesukaan mereka.

Alasan lain mengapa cara diet para pria lebih sukses dibandingkan dengan wanita adalah alasan mereka melakukan diet memang lebih kuat. Bagi kaum pria, diet bertujuan untuk kesehatan tubuh, agar mereka merasa lebih fit. Sehingga kalau mereka diet, maka mereka pun fokus.

Kalaupun memberi dampak pada penampilan, itu hanya mereka anggap sebagai bonus. Makanya tak heran deh, hasilnya lebih sering memuaskan.

 

2. Beda tipe darah

Jenis darah wanita yang berbeda dengan pria juga dapat menjadi alasan utama dalam pembakaran kalori.

Wanita mempunyai jumlah sel darah merah yang lebih rendah dibandingkan pria, sehingga sel darah wanita mengirim oksigen lebih sedikit ke jaringan.

BACA JUGA:  Cara Diet Alami Yang Sehat Dan Sudah Teruji!!

Hal ini tentunya memperlambat metabolisme tubuh kita pada umumnya, lantaran oksigen dibutuhkan untuk memecah lemak menjadi energi.

Terlebih lagi, ketika berat tubuh pria naik, kelebihan berat tubuh tampak pada bagian perut yang merupakan lokasi pertama yang langsung bereaksi pada setiap program diet. Sementara, pada wanita, penambahan berat badan terjadi pada paha, bokong dan pinggul, yang lebih sulit untuk dikurangi.

 

3. Pria lebih pede

Peneliti senior, Marlyn Marin menemukan alasan menarik lain yang cukup penting yang menyebabkan kaum pria lebih sukses berdiet dibandingkan wanita.

“Mereka lebih pede, bahkan dalam kondisi tubuh belum sempurna sekalipun. Kaum pria lebih mudah memancarkan sikap positif dalam berdiet, dibandingkan perempuan yang lebih mudah putus asa.”

Menurut Marlyn, body image yang buruk terhadap tubuh sendiri bisa jadi karena sejak kecil para wanita ini sudah mendapatkan tekanan tentang pentingnya memiliki postur tubuh yang ideal. Cantik dalam banyak orang adalah yang kurus, langsing dan seksi. Tanpa disadari, hal-hal ini yang membuat banyak orang nggak mencintai tubuhnya sendiri.

 

4. Tidak memaksakan diri

Cara diet para pria sendiri cukup menyenangkan dan tidak membuat mereka tertekan seperti halnya wanita. Dari segi hasil diet pun, para pria sangat realistis.

Jika berat tubuh mereka hanya turun sedikit dibandingkan target, kaum pria tak terlalu ambil pusing. Mereka tetap fokus pada hasil, dibandingkan proses. Mereka juga tak mencari kambing hitam untuk kegagalan mencapai target.

Sebaliknya pada wanita, mereka sering kali menyalahkan lingkungan luar sebagai kegagalan diet.

Tapi, meskipun kaum pria tampaknya dapat membuang kelebihan berat tubuh dalam waktu singkat, tetapi menurut British Heart Foundation, wanita memiliki kecenderungan lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, stres yang menuju keinginan bunuh diri, dan juga jenis penyakit lainnya seperti autisme.

BACA JUGA:  Daftar lengkap makanan dan minuman yang perlu dihindari saat Ramadhan

Berita baiknya lagi, kelebihan lemak yang cukup banyak dibandingkan kaum pria juga berfungsi untuk menahan diri dari serangan flu dan rasa lapar.

Di seluruh dunia, data statistik menunjukkan wanita hidup lebih lama dibandingkan kaum pria lo.

 

Apa saja sih kunci sukses cara diet pria? Yuk, kita lihat!

  1. Jujur dan menggunakan logika terhadap diri sendiri. Jika tak komit terhadap cara diet yang sudah dilakukan, maka itu artinya berat tubuh bertambah.
  2. Determinasi tinggi dan fokus terhadap akibat kesehatan yang timbul jika kita punya berat badan berlebih.
  3. Realistis terhadap jumlah berat tubuh yang ingin dicapai. Jangan membuat target terlalu tinggi.
  4. Makan cukup dan dengan interval waktu yang membuat kita tak merasa kelaparan.
  5. Cobalah berolahraga dengan teman, dan gunakan pedometer untuk mengetahui berapa langkah yang telah kita lakukan hari ini.
  6. Jangan melakukan diet yoyo. Pada percobaan pertama biasanya diet kita memang akan sukses, pertahankan terus dengan semangat tinggi ya.
  7. Bertanggung jawab terhadap berat tubuh kita sendiri, dan jangan beralasan dengan menyalahkan pada alergi, hormon, keturunan atau imajinasi kita.
  8. Pilih program yang kita kenal dan mau mempelajarinya lebih detail. Jangan sungkan menghubungi ahlinya ya.
  9. Jangan mencari solusi masalah pada makanan. Mungkin untuk sementara dapat menenangkan, tetapi kita akan merasa bersalah sekali ketika menimbang tubuh selanjutnya.
  10. Kalau kita memang tidak mampu menahan selera, sebaiknya tak usah belanja makanan.

 

Nah, selamat menjalankan cara diet yang benar ya. Tetap nomor satukan kesehatan tubuh di atas berat badan yang menurun.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

3 Bahan Makanan yang Tidak Boleh dan 2 yang Harus Dicuci Sebelum Dimasak

3 Bahan Makanan yang Tidak Boleh dan 2 yang Harus Dicuci Sebelum Dimasak

Destinasi wisata ramah anak Garden by the Bay

10 Destinasi Wisata Anak di Dunia untuk Masuk ke Bucket List Liburan Keluarga