in

Jangan Habiskan Semua Waktumu di Ruang-Ruang Kelas dan Kuliah, Lakukan 3 Hal Ini dan Temukan Passionmu!

Passion, kata apaan sih itu? Mungkin buat sobat-sobat muda, passion adalah sesuatu hal yang terlalu susah diterjemahkan. Secara sederhana, passion adalah aktivitas yang sangat kita sukai hingga kita ingin menjadikannya sebagai profesi. Bisa dikatakan bahwa passion bisa menggerakkan hidup kita agar lebih bermakna.

Sayangnya banyak orang yang hingga usianya berkepala tiga, bahkan empat, belum juga menemukan passionnya. Beberapa di antaranya malah merasa bingung apa sebenarnya passionnya. Tak sedikit pula yang merasa cuek jika tak menemukan passion. Alasannya, passion bukanlah hal yang penting untuk dijalani, bekerja dan mendapat penghasilan adalah hal terpenting agar tetap hidup.

Namun benarkah demikian?

Menemukan passion itu selaras dengan menemukan misi hidup yang Tuhan titipkan pada kita. Passion itu sebuah panggilan jiwa. Maka sebesar apapun kita tinggalkan, kelak hal itu akan memanggil kita untuk kembali.

Passion Quote

Nah, kenapa banyak orang gagal menemukan passionnya? Tidak lain karena sistem pendidikan di negara ini masih mengutamakan nilai sebagai standar kepintaran murid-muridnya. Murid pintar = murid dengan nilai yang baik. Sekolah favorit = sekolah yang bisa melahirkan murid-murid dengan hasil ujian tertinggi. Bagaimana dengan murid-murid yang secara akademis tidak bersinar, namun memiliki bakat lain?

Tidak sedikit lo yang saat sekolah nilainya selalu bagus, namun meredup ketika di dunia kerja. Karena selama ini mereka hanya mengejar nilai dan nilai. Sementara anak-anak yang di sekolah akademisnya tidak cukup bagus, justru bersinar di dunia kerja karena networkingnya bagus dan banyak melakukan hal lain selain belajar di dalam kelas.

Jadi, buat sobat-sobat muda, mumpung masih muda jangan habiskan waktu kalian hanya di dalam ruang-ruang kelas atau kuliah. Lakukan tiga hal ini:

Belajar Itu Wajib

Jangan hanya karena merasa tidak berbakat di bidang akademis, lalu kamu berhenti belajar. Bagaimanapun karena sekolah masih menuntut murid-muridnya mencapai nilai ketuntasan minimal, maka setidaknya dapatkan nilai tersebut. Namun jangan pula terpaku hanya belajar pada pelajaran-pelajaran sekolah, buka wawasanmu dengan banyak membaca, banyak melihat dan banyak mendengar. Mumpung masih muda, isi otak dan hidupmu dengan banyak pengalaman.

Lakukan Banyak Kegiatan

Gunakan masa mudamu sebaik-baiknya, daripada digunakan nongkrong nggak jelas, ikutlah kegiatan-kegiatan positif yang kelak akan menambah nilai hidupmu. Gabunglah dengan ekstrakurikuler, organisasi, komunitas ataupun pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan soft skill-mu dan akan membuatmu semakin bertambah wawasan. Dengan melakukan banyak kegiatan, kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang kelak bisa menggiringmu pada satu atau dua hal yang benar-benar kamu sukai. Kegiatan yang nantinya disebut sebagai passion.

Temui Banyak Orang

Belajarlah dari banyak orang. Kamu tidak akan pernah tahu dari pertemuanmu tersebut, ada banyak hal yang akan bisa kamu pelajari. Maka jangan pernah remehkan siapapun yang kamu temui. Entah itu tukang ojek, pedagang asongan, ataupun penyapu jalanan. Ambil setiap hal yang bisa kamu pelajari.

Tiga hal ini terlihat sederhana, namun kelak bisa menjadi gerbang untukmu menuju kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Maka, nikmatilah masa mudamu sebaik-baiknya hingga kamu tak akan pernah menyesalinya kelak! Have fun, young people!

Ditulis oleh woimedia seo

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

Destinasi wisata ramah anak Garden by the Bay

10 Destinasi Wisata Anak di Dunia untuk Masuk ke Bucket List Liburan Keluarga

Suka Ini, Suka Itu… Bingung Menentukan Bakatmu? Gunakan 5 Rumus Ini!