in

Suka Ini, Suka Itu… Bingung Menentukan Bakatmu? Gunakan 5 Rumus Ini!

Banyak orang berkerut keningnya ketika ditanyai apa bakatmu. Jangankan yang masih muda, bahkan mereka yang telah berumur 20-an, 30-an atau bahkan 40-an ada yang masih bingung dengan bakatnya. Salah satu hal yang harus diluruskan mengenai bakat adalah bahwasanya bakat selalu dihubungkan dengan aktivitas, seperti menyanyi, menari, menggambar, dan sebagainya.

Sesungguhnya bakat merupakan karakter bawaan yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada seseorang. Sementara aktivitas seperti menyanyi, menari, menggambar dan sebagainya tersebut adalah passion yang kelak dilakukan oleh seseorang berkaitan dengan bakat yang dimilikinya.

Bermain Piano

Abah Rama Royani, seorang praktisi pemetaan bakat dalam bukunya yang berjudul Talents Mapping, mengatakan bahwa dalam sebuah penelitian yang dikenal dengan penelitian Gallup ditemukan bahwa ada 5.000 karakter dalam diri manusia. Dari 5.000 karakter ini disarikan menjadi 34 tema bakat yang kemudian dikenal sebagai 34 tema bakat Gallup oleh Professor Cliffton.

Dari 34 tema bakat ini, dibagi ke dalam 4 kategori dasar, yaitu:

  • Impacting (bakat untuk memengaruhi orang lain), di dalamnya mencakup bakat command (senang memimpin), activator (senang menjadikan sebuah gagasan ke dalam bentuk tindakan nyata), competition (senang berkompetisi dan menjadi nomor satu), maximizer (memiliki bakat untuk merubah sesuatu menjadi keunggulan), dan lainnya.
  • Relating (bakat dalam berhubungan dengan orang lain), mencakup relator (senang berhubungan dengan orang lain dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama), individualization (mampu melihat keunggulan masing-masing orang), empathy (mampu merasakan apa yang dialami orang lain), dan lainnya.
  • Thinking (bakat berpikir secara dalam), mencakup futuristic (memiliki banyak ide-ide liar di kepala dan memberikan inspirasi untuk banyak orang), learner (suka belajar akan sesuatu lebih dalam), dan lainnya.
  • Striving (bakat dalam memotivasi diri), di antaranya mencakup achiever (memiliki stamina tinggi untuk mencapai tujuan), responsibility (memiliki tanggung jawab yang besar), dan masih banyak lagi.

Semua bakat-bakat tersebut diperlukan oleh diri kita untuk menemukan passion. Maka kalau ada orang yang bilang “aku nggak punya bakat,” itu salah besar. Semua orang punya bakat, sayangnya banyak yang tak sadar dan tak menyangka bahwa hal tersebut adalah bakat.

Lalu bagaimana caranya menguatkan bakat dan menemukan passion yang sejalan dengan bakat kita? Ini rumusnya!

Yearning

Perhatikan dengan seksama, adakah aktivitas tertentu yang membuatmu lupa waktu saat menjalaninya? Waktu terasa cepat berlalu dan kamu terus merasa kekurangan waktu, ingin nambah waktu lagi untuk melakukannya. Bisa saja aktivitas itu adalah bakatmu.

Rapid Learning

Cek adakah aktivitas yang buatmu sangat mudah dipelajari. Ketika orang lain butuh 10x belajar untuk bisa jadi ahli, kamu hanya cukup belajar 1-3x hingga membuat teman-temanmu iri. Bisa jadi itu adalah bakatmu.

Flow

Adakah aktivitas yang untuk orang lain sangat menguras pikiran dan tenaga, namun kamu melakukannya tanpa usaha berlebih. Mengalir begitu saja. Bahkan tanpa persiapan apapun, kamu bisa mendapatkan hasil maksimal. Bisa jadi itu bakatmu.

Excellence

Bakatmu akan membawamu pada aktivitas yang mendapatkan hasil istimewa dan selalu membanggakan, hingga membuat orang lain terkesima. Bahkan bisa jadi kamu pun akan merasa takjub, “kok aku bisa ya?” atau “itu tadi beneran aku?” Coba cari aktivitas yang bisa membuatmu seperti itu, atau tanyakan pada orang-orang terdekatmu, bisa saja itu bakatmu.

Satisfaction

Coba tanyakan pada dirimu, adakah aktivitas yang begitu membuatmu bahagia dan puas saat melakukannya. Aktivitas yang tak pernah bosan kamu lakukan dan ingin melakukannya lagi di kemudian hari. Nah, mungkin itu bakatmu!

Semoga sobat muda sudah mulai ada bayangan apa bakatnya ya! Selamat menggali bakatmu dan bersinarlah!

Ditulis oleh woimedia seo

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

Jangan Habiskan Semua Waktumu di Ruang-Ruang Kelas dan Kuliah, Lakukan 3 Hal Ini dan Temukan Passionmu!

Tahukah Kamu 5 Cara Ini Bakal Bikin Kamu Terlihat Cerdas Di Mata Orang-Orang? Latih Terus Tiap Hari dan Buktikan Hasilnya!