in

Tahukah Kamu 5 Cara Ini Bakal Bikin Kamu Terlihat Cerdas Di Mata Orang-Orang? Latih Terus Tiap Hari dan Buktikan Hasilnya!

Apakah selama ini kamu merasa kurang percaya diri saat melakukan interview, menyampaikan pendapat dan bertemu orang baru karena merasa tak cerdas dan kurang wawasan? Kini saatnya untuk meningkatkan kepercayaan dirimu dengan berlatih lima hal mudah ini.

Dalam hidup, kita perlu banget untuk menguasai dua kemampuan agar kita benar-benar dianggap sebagai manusia yang oke. Pertama, kemampuan untuk terus meningkatkan wawasan dan pengetahuan baru. Kedua, kemampuan untuk meyakinkan orang lain sehingga kita bisa dipercaya oleh mereka.

Yakinlah semua orang yang terlihat hebat dan percaya diri tidak semuanya terlahir seperti itu. Ada yang mendapatkannya dengan latihan dan terus berusaha. Jika kamu termasuk tipe orang yang suka melakukan hal-hal mudah untuk mendapatkan hasil maksimal, maka inilah lima hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk terlihat lebih cerdas di depan orang lain.

Ilustrasi Orang Cerdas

1. Rajin-Rajin Baca Google Trends dan Trending Topic di Twitter

Malas baca koran? Jangan khawatir, kamu tetap bisa mengakalinya dengan rajin-rajin menengok google trends dan trending topic di Twitter. Apa gunanya? Biar kamu tetap bisa tahu hal-hal apa sajakah yang sedang populer di negeri ini. Jadi kalau ada temanmu yang lagi ngobrolin hal-hal tersebut, kamu bisa ikut nimbrung dan nggak kudet.

2. Latihan Debat dengan Berlatih Self Talk di Depan Cermin, “Kenapa? Kok Bisa?”

Seringkali kita takut menyampaikan pendapat karena merasa kita kurang kritis dan argumen kita mudah didebat. Kalau kamu mau, untuk melatih hal ini, kamu bisa gabung dengan klub debat di sekolah atau kampusmu. Tapi kalau nggak bisa, kamu bisa melatihnya dengan hal ini. Setiap ada topik yang lagi tren dan kamu merasa punya pendapat sendiri, latih untuk menyampaikan pendapatmu di depan cermin dan tanyakan dua hal ini; “kenapa?” dan “kok bisa?”

Dua hal ini bisa membuatmu berlatih berpikir kritis dengan cara sederhana. Coba saja deh!

Misal:

Pendapatmu: Aku nggak suka dapat nilai bagus jika itu hasil dari nyontek.

Tanyakan kepada dirimu sendiri, “Kenapa? Kok bisa?”

Argumenmu: Karena harusnya nilai bagus itu didapat dengan cara yang jujur karena hasil dari belajar dan kerja keras.

Tanyakan lagi, “terus kenapa?”

Kalau nyontek mah apa yang harus dibanggain. Sama saja nilai yang kita dapatkan dari hasil pikiran orang lain, bukan pikiran kita sendiri. Jadi ya harusnya kalau nilai bagus yang kita dapat dari nyontek, nggak perlu lah dipamer-pamerin, harusnya malah malu.

Selesai deh latihan berpikir kritisnya. Coba terus dengan tema-tema lain sampai kamu merasa cukup pede menyampaikan pendapatmu di hadapan orang lain.

3. Buang Jauh-jauh Kata “Uhm..” dan “Mungkin..” dalam Setiap Kalimat yang Kamu Gunakan

Sering berkata “uhm..” dan “mungkin..” ketika menjawab pertanyaan atau mengungkapkan pendapat? Mulai hilangkan kebiasaan itu. Dua kata tersebut hanya akan memberikan kesan kalau kamu kurang tegas dan tidak yakin dengan apa yang kamu sampaikan. Ini bisa memberikan penilaian negatif dari orang lain terhadapmu, apalagi kalau kamu sedang dalam proses interview.

Cobalah ubah dua kata tersebut menjadi, “menurut yang aku tahu…” atau “menurut pendapatku…” Yakin deh, orang akan melihatmu lebih meyakinkan.

4. Jangan Malu Mengatakan Kalau Kamu Menyampaikan Pendapat Orang Lain

Jadi orang cerdas itu bukan berarti harus selalu punya pendapat sendiri kok. Kamu bisa menggunakan pendapat dari orang lain untuk menguatkan argumenmu. Yang pasti jangan bohong dengan mengatakan pendapat tersebut sebagai pendapatmu sendiri. Katakan saja kalau kamu pernah membaca atau mendengar pendapat tersebut dari orang lain.

Kamu bisa menyampaikannya seperti ini, “dari yang pernah aku baca, Mr. X pernah berkata bahwa ….”

5. Banyak-Banyak Belajar Dari Tokoh-Tokoh Inspiratif

Jika kamu tipe yang tidak terlalu suka membaca, kamu tetap bisa menambah wawasan dengan cara bertemu dengan banyak orang. Datanglah ke seminar, talkshow, pelatihan atau gabung dengan komunitas-komunitas yang memungkinkan kamu bertemu dengan banyak orang-orang inspiratif yang bisa menambah wawasanmu.

Tidak sulit kan untuk menjadi orang cerdas, tinggal kamu mau atau tidak melakukannya? Selamat mencoba!

Ditulis oleh woimedia seo

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

Suka Ini, Suka Itu… Bingung Menentukan Bakatmu? Gunakan 5 Rumus Ini!

Pengen Foto OOTD-mu Terlihat Profesional Meski Cuma Pakai Kamera HP? Lakukan 10 Hal ini!