in

3 Langkah Untuk Move On, Bersiaplah Menjadi Seorang Changemaker!

Kecewa, galau, sakit hati adalah hal-hal manusiawi yang pastinya pernah dirasakan oleh banyak orang. Justru aneh jika kita tak pernah merasakan hal-hal tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar kita tak terpuruk terlalu dalam dan bisa segera move on. Kembali bangkit dari kondisi yang tak bersahabat, entah itu karena kasus percintaan, kondisi ekonomi atau kehilangan orang terkasih, adalah hal yang harus dilakukan jika kita ingin terus bertumbuh dalam hidup.

Orang dewasa adalah yang bisa mengambil hikmah dari segala perjalanan hidupnya. Karena sesungguhnya tidak ada takdir yang buruk. Percaya deh Tuhan sudah mengatur hidup kita sebaik-baiknya dan selalu ada sesuatu yang IA simpan untuk kita pelajari. Maka simak pelajaran yang sedang IA berikan dengan cara-cara berikut ini. Dijamin kita kan bisa segera move on dari segala keterpurukan hidup.

Self Reflection

Pertama-tama lakukanlah refleksi diri alias instropeksi diri. Tidak ada asap jika tak ada api. Setiap hal dalam hidup ini terjadi karena hukum sebab akibat. Setiap pilihan memiliki konsekuensi. Ketika kita sedang mengalami keterpurukan, carilah sebab dari hal-hal tersebut, lalu koreksi di mana letak kesalahan lalu perbaiki agar kelak tak terjadi lagi di kemudian hari.

Gratitude

Setelah melakukan instropeksi dan refleksi diri, jangan malah semakin larut dalam rasa bersalah. Untuk itu kita perlu banyak-banyak bersyukur. Fokuslah pada hal-hal baik yang ada dalam kehidupanmu. Kalau perlu tulis dan buatlah daftar kebaikan tersebut. Tulis hal-hal baik yang kamu dapatkan hingga saat ini, dan kamu akan semakin merasa bersyukur atas hidup yang sedang kamu jalani. Kesyukuran juga akan semakin menambah nikmat.

Bukankah Tuhan berfirman semakin bertambah rasa syukur kita, akan ditambah pula nikmat-nikmat yang kita rasakan. Oya, kamu juga bisa mencoba melakukan gratitude journal secara rutin. Caranya tulislah minimal 5 hal yang paling kamu syukuri setiap hari. Sebaiknya setiap hari tulislah hal-hal baik yang berbeda, sehingga kamu bisa semakin mensyukuri kehidupan yang Tuhan berikan.

Planning For The Future

Rencana yang baik adalah awal dari segala kesuksesan. Maka setelah kita telah selesai melakukan instropeksi dan refleksi diri, serta telah rutin melakukan gratitude journal hingga jiwa kita sudah semakin tenang. Langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan yang matang. Jadikanlah kegagalan hidup kita di waktu kemarin sebagai cambukan untuk berjuang lebih baik lagi.

If the plan doesn’t work, change the strategy, but never the goal. Ada kalanya rencana tidak berjalan sebagaimana mestinya, ketika itu terjadi jangan pernah rubah tujuan yang kamu tetapkan, namun rubah strategi atau cara mencapai tujuan tersebut.

Yakinlah orang-orang sukses di luar sana tidak memeroleh kesuksesannya secara instan. Pasti mereka pun mengalami kegagalan dan keterpurukan. Makanya belajarlah untuk tidak hanya melihat hasil, namun juga belajarlah bagaimana orang-orang sukses itu bangkit dari masa-masa tersulitnya. Dari hal tersebutlah kita juga bisa belajar move on dan menjadi seorang changemaker! Happy moving on, gaess!

Ditulis oleh woimedia seo

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

3 Perilaku Pasangan yang Tak Bisa Ditolerir, Tinggalkan Dia Daripada Kamu Terluka Lebih Lama!

Membahagiakan Orang Lain Itu Nggak Sulit Kok, Coba Deh Lakukan 5 Hal Ini Sesekali!