in ,

Jangan Sepelekan, Ketahui 5 Bahaya Menggunakan Botol Air Bekas

Dewasa ini, air botol kemasan memang semakin banyak diminati, karena selain praktis juga mudah untuk didapatkan. Sehingga tak heran jika dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang membawa air minum kemasan. Namun kesalahan yang perlu dihindari ialah mengisi ulang botol air mineral untuk digunakan kembali. Meski hal ini terasa hemat, namun sangat membahayakan untuk kesehatan.

Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai lima bahaya menggunakan botol air bekas. Langsung saja berikut ini ulasannya.

Botol Air Mineral

Hanya Untuk Sekali Pakai

Seperti yang telah kita ketahui bahwa botol air mineral terbuat dari bahan plastik yang disebut dengan polyethylene terephthalate atau PET, yang mana bahan ini biasa digunakan untuk botol mineral berwarna jernih atau transparan. Botol plastik dengan bahan ini memang disarankan untuk sekali pakai, karena jika digunakan berulang kali bakteri dari tangan dan mulut bisa tumbuh di dalam botol, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Menyimpannya Di Dalam Mobil Dalam Suhu Panas

Selain tidak disarankan untuk menggunakan botol air mineral berulang kali, disarankan juga untuk tidak menyimpan air botol mineral dalam suhu yang hangat, seperti halnya di dalam mobil, karena lapisan polimer pada botol plastik bisa meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh, bisa sangat membahayakan karena bisa memicu munculnya kanker.

Terjadi Kontaminasi Bakteri

Botol air mineral yang digunakan secara berulang kali, kebersihan botol tersebut tidak bisa anda pastikan secara utuh, karena kontaminasi bakteri ini bisa muncul jika pemakaian botol lebih dari 1 kali. Apalagi bagian atas botol ini langsung bersentuhan dengan mulut, sehingga bakteri lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, jangan gunakan botol air mineral berulang kali agar jumlah bakteri tidak semakin berkembang biak di dalam tubuh.

Bisa Membahayakan Tubuh

Menggunakan botol air mineral lebih dari sekali ini bukan sekedar larangan, karena memang sudah terbukti dengan adanya penelitian pada atlet yang dilakukan selama seminggu dan hasilnya ditemukan jumlah bakteri dalam tubuh lebih dari 900.000 karena penggunaan Air botol mineral. Tak hanya itu, bakteri ini juga bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang berbahaya. Mengingat bahan kimia yang terkandung dalam plastik ini bisa mempengaruhi ovulasi kanker payudara dan masalah hormon.

Simpan Air Mineral Pada Suhu Ruangan

Bahaya terakhir dalam penggunaan botol bekas air mineral, yaitu bisa memicu melelehnya lapisan polimer pada botol, apalagi jika  disimpan di tempat dengan suhu panas. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan botol plastik ini sekali pakai.

Agar berbagai masalah terhindar dari tubuh, jangan gunakan botol air mineral lebih dari sekali pakai. Alangkah baiknya lagi jika minum air menggunakan gelas yang berbahan aman.

Ditulis oleh woimedia seo

6 Makanan Pemicu Penyakit Ginjal, Hindari Konsumsi Berlebihan

Inilah 5 Tanda Bahwa Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan, Hanya Kesepian!