in , ,

4 Cara Ampuh Mencegah Si Kecil Terlalu Sering Bermain Gadget

Di zaman yang semakin berkembang teknologinya seperti saat ini, gadget memang sudah menjadi salah satu benda yang sangat penting bagi setiap orang. Bahkan penggunaan gadget ini tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak juga sudah mulai menggunakannya. Tak heran jika saat ini anak yang masih berusia di bawah 3 tahun sudah sangat mahir menggunakan gadget. Hal ini dikarenakan kesalahan orang tua yang kebanyakan memilih meminjamkan gadget kepada anak-anaknya agar mereka lebih tenang dan betah di rumah. Padahal hal ini tidak bagus untuk anak-anak.

Nah, untuk mencegah anak bermain gadget, berikut ini ada 4 cara ampuh yang bisa Anda terapkan.

Anak Kecil yang Asik Bermain Gadget

Berikan Contoh yang Baik

Ingin anak tidak kecanduan main gadget? Cara yang paling tepat yaitu dengan memberikan contoh yang baik, dengan cara orang tua harus membatasi diri bermain gadget. Karena jika orang tua tidak memberikan contoh sesuai dengan apa yang dilakukan, maka anak juga akan sulit untuk mematuhinya. Selain itu, nasehati anak dengan bijak agar bisa menggunakan gadget seperlunya saja.

Perbanyak Aktivitas Anak di Luar Rumah

Cara lain yang bisa dilakukan agar anak tidak kecanduan bermain gadget, yaitu biarkan anak perbanyak aktivitas di luar rumah, misalnya bermain dengan teman-temannya. Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak untuk berkebun, jalan-jalan ke taman, bersepeda, olahraga dan lain sebagainya untuk menikmati indahnya luar rumah. Karena ketika bermain di luar rumah, Si Kecil akan lupa dengan gadget yang sering digunakannya. Bermain di luar rumah ini terasa lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan bermain gadget di rumah.

Bersikaplah Tegas

Selain melakukan 2 cara tersebut, ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk membatasi anak bermain gadget yaitu dengan bersikap tegas kepada anak. Kebanyakan orang tua merasa iba ketika melihat anaknya menangis dan merengek menginginkan gadget. Namun demi kebaikan anak kedepannya, sebagai orang tua Anda harus tega melihat anak Anda menangis. Alangkah baiknya membelikan anak beberapa permainan yang sangat mengedukasi.

Batasi Penggunaan Gadget

Cara terakhir yang paling ampuh untuk membatasi anak bermain gadget yaitu menetapkan jadwal kapan anak boleh bermain gadget. Dengan membatasi penggunaan gadget ini, anak akan lebih tahu kapan harus menyimpan gadgetnya. Dalam hal ini Anda bisa membuat jadwal kapan anak harus belajar bermain gitar, berkumpul bersama keluarga dan lain sebagainya. Jika hal ini sudah dibiasakan maka anak akan terbiasa beraktivitas tanpa menggunakan gadget.

Itulah ulasan mengenai empat cara ampuh Si Kecil agar tidak terlalu sering bermain gadget. Dengan menerapkan 4 cara tersebut, lama-kelamaan anak akan terbiasa tidak menggunakan gadget. Yang terpenting dalam mencegah anak dalam menggunakan gadget, yaitu berikan contoh yang baik dan jangan bermain gadget di depannya.

Written by woimedia seo

Inilah 5 Tanda Bahwa Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan, Hanya Kesepian!

Inilah 5 Trik Dalam Melakukan Perawatan Kecantikan Secara Alami