mengunyah makanan secara perlahan
in

Mengunyah Makanan Secara Perlahan Ternyata Memberikan Manfaat Ini!

Tahukah Anda bahwa mengunyah makanan secara perlahan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda saat makan. Ada orang yang bisa makan dengan cepat dalam jumlah banyak, ada juga orang yang makannya sangat lama. Perlu Anda ketahui bahwa makan dengan cepat dan terburu-buru tidak baik untuk kesehatan, namun juga orang yang makan dengan mengunyah terlalu lama tidak di anjurkan pula. Yang paling baik adalah makan dengan perlahan-lahan dan mengunyah makanan dengan benar.

Kebiasaan makan yang baik dengan mengunyah makanan secara perlahan ternyata dapat memberikan banyak sekali manfaat. Baik manfaat bagi kesehatan tubuh maupun manfaat lainnya. Oleh karena itulah Anda harus mengetahui 5 manfaat mengunyah makanan secara perlahan-lahan yang akan kami jelaskan berikut ini.

3 Manfaat Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Berikut ini adalah 3 manfaat mengunyah makanan secara perlahan:

1.Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membuat pencernaan Anda menjadi lebih sehat. Makanan yang telah di kunyah hingga benar-benar halus membuat sari-sari makanan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya menjadi lebih mudah di serap. Selain itu organ-organ pencernaan Anda tidak perlu lagi bekerja secara ekstra untuk mencerna makanan yang masuk karena telah Anda kunyah hingga benar-benar halus.

Berbeda dengan orang yang makan dengan terburu-buru, makanan yang tidak di kunyah hingga benar-benar halus dapat menyebabkan beberapa gangguan pencernaan. Lambung akan bekerja ekstra untuk melumat makanan yang belum Anda kunyah dengan sempurna. Akibatnya lambung akan memproduksi lebih banyak asam lambung yang dapat menyebabkan rasa mual dan perih dalam perut. Makanan yang tidak di kunyah dengan perlahan-lahan juga menjadi lebih susah di serap. Sehingga penyerapan nutrisi yang ada pada makanan menjadi kurang maksimal

2.Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Studi kesehatan yang telah banyak di lakukan membuktikan bahwa orang yang makan dengan mengunyah secara perlahan-lahan memiliki berat badan yang cenderung ideal dan terhindar dari obesitas. Hal ini di sebabkan karena makanan yang di kunyah secara perlahan mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga orang yang makan dengan cara yang benar ini akan terhindar dari pola makan tidak teratur dan berlebihan yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan.

Selain itu makan dengan cara mengunyah perlahan-lahan ini juga dapat membantu Anda yang sedang menjalani program diet. Ketika perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, selera makan Anda pun bisa di kontrol. Sehingga program diet yang Anda jalankan akan terasa lebih mudah.

3.Menjadi Lebih Bahagia

Orang yang makan dengan perlahan-lahan cenderung lebih menikmati rasa makanan yang sedang di santapnya. Hal ini dapat membuat Anda merasa jadi lebih rileks. Ketika makan bersama dengan pasangan atau teman-teman Anda juga cara makan ini dapat membuat Anda menjadi lebih mudah bersosialisasi. Berbeda dengan mereka yang makan dengan cara terburu-buru, tentu saja kesan yang muncul menjadi tidak baik. Oleh karena itu Anda perlu melatih diri Anda untuk bisa makan dengan cara sehat ini.

Rasa nikmat pada makanan terbukti mampu menurunkan stres, jika Anda mampu merasakannya dengan perasaan yang senang maka Anda akan merasa lebih bahagia. Hal ini hanya bisa di dapatkan jika Anda mengunyah makanan Anda secara perlahan-lahan. Selain itu Anda juga bisa menjadi lebih hemat karena selera makan Anda yang bisa di kontrol dengan baik akibat rasa kenyang yang bertahan lebih lama.

Itulah 3 manfaat yang bisa Anda rasakan ketika mengunyah makanan secara perlahan-lahan dan semoga bermanfaat.

Ditulis oleh rohadi

makanan bergizi untuk bayi

Resep Makanan Bayi 6 dan 9 Bulan Yang Bergizi dan Sehat

program diet terkenal

5 Program Diet Terkenal dan Tips Menjalankannya