khasiat wedang uwuh
in ,

Cara Membuat Wedang Uwuh, Minuman Sampah Penuh Khasiat

Popularitas wedang uwuh mulai naik daun setelah banyak diposting di berbagai media sosial. Apalagi saat ini ada banyak yang telah menjual minuman herbal ini dalam bentuk instan yang siap seduh. Namun karena penampilannya yang seperti kumpulan tanaman kering memberikan kesan seperti minuman sampah.

Wedang uwuh merupakan minuman herbal yang dibuat dari berbagai tanaman berkhasiat obat. Karena itulah minuman ini besar sekali khasiatnya dan sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi jika diminum saay udara dingin akan mampu menghangatkan badan.

Khasiat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Minuman tradisonal ini dibuat dari berbagai jenis bahan herbal, seperti jahe, kayu secang, kayu manis, cengkeh, kapulaga, akar sereh, buah dan dan daun pala, serta gula batu. Bahan-bahan ini diketahui sangat kaya nutrisi yang sangat baik untuk meredakan penyakit dan meningkatkan kesehatan. Berikut ini beragam khasiat wedang uwuh untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Menghangatkan dan Menyegarkan Badan

Nutrisi dalam jahe dikenal sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Begitu juga bahan herbal lainnya berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi lebih segar. Wedang uwuh sangat cocok diminum saat dingin ataupun untuk meningkatkan semangat dan gairah tubuh.

Menghilangkan Capek

Kandungan dalam herbal yang digunakan untuk meracik wedang uwuh juga bermanfaat dalam mengatasi rasa capek dan lelah setelah bekerja seharian. Minum wedang uwuh saat sore setelah pulang kerja akan membuat tubuh hilang capeknya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bahan herbal yang digunakan dalam wedang uwuh diketahui kaya dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas sekaligus untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh.

Mengatasi Demam dan Masuk Angin

Kandungan farmakologis dalam bahan-bahan yang ada dalam wedang uwuh sangat ampuh untuk mencegah masuk angin dan menyembuhkan demam. Karena itu jika anda merasa demam dan mengatasi masuk angin tinggal seduh saja wedang uwuh instan yang banyak dijual di pasaran.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan mineral dalam berbagai tanaman obat dalam wedang uwuh juga sangat berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan aliran darah yang lancar akan membuat tubuh lebih segar dan sehat serta jauh dari penyakit.

Resep Wedang Uwuh Imogiri Yogyakarta

Wedang uwuh Imogiri Yogyakarta sudah sangat terkenal dan saat ini banyak dijual dalam bentuk kemasan yang siap seduh. Apalagi cara membuat wedang uwuh khas Yogyakarta juga mudah dan simpel. Penasaran? Yuk langsung saja simak di bawah ini.

Bahan yang mesti disiapkan:

  • jahe 6 cm dimemarkan
  • kayu secang yang kering 40 gram diserut
  • daun kayu manis yang sudah kering 2 lembar
  • daun cengkeh yang kering 3 lembar
  • daun pala yang sudah kering 3 lembur
  • cengkeh atau batang cengkeh yang kering 10 butir
  • gula batu cukup 50 gram
  • air sebanyak 700 ml

Cara membuat wedang uwuh imogiri adalah sbb:

  1. Terlebih dahulu jahe dibakar dan dimemarkan.
  2. Setelah itu siapkan panci dan masak air bersama jahe yang telah dimemarkan, daun kayu manis, daun pala, cengkeh, daun cengkeh, kayu secang yang telah diserut, dan gula batu.
  3. Gunakan api sedang untuk memasak sekitar 15 menit sampai mendidih .
  4. Setelah matang lalu angkat dan saring untuk dipindahkan ke dalam teko agar siap untuk dihidangkan ke dalam gelas sajian. Wedang uwuh Imogiri yang penuh khasiat pun siap dinikmati selagi hangat.

Resep Wedang Uwuh Solo

Resep wedang uwuh Solo pada dasarnya tak terlalu jauh berbeda dengan wedang uwuh Imogiri Yogyakarta. Hanya saja jika Jogja menggunakan daun pala, maka wedang klhas Solo menggunakan biji palanya. Namun keduanya tetaplah resep wedang uwuh minuman penyegar badan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Bahan yang harus disiapkan:

  • cengkeh sebanyak 13 butir
  • kayu secang sebanyak 40 gram
  • jahe cukup 6 cm
  • kayu manis sebanyak 2 batang
  • biji pala sebanyak 3 buah
  • gula batu ½ ons
  • air sebanyak 700 ml

Cara membuat wedang uwuh Solo adalah sbb:

  1. Terlebih dahulu siapkan semua bahannya lalu jahe dibakar dan dimemarkan.
  2. Setelah itu siapkan panci dan tuangkan air secukupnya. Masukkan jahe, biji pala, kayu manis, kayu secang, dan cengkeh. Jangan lupa masukkan juga gula batunya lalu masak hingga mendidih.
  3. Setelah itu angkat dan saring airnya lalu dinginkan sebentar.
  4. Sesudah agak hangat masak lagi sampai mendidih.
  5. Selanjutnya angkat dan pindahkan wedang uwuh khas Solo ke dalam gelas sajian untuk dinikmati.

Itulah informasi tentang resep dan cara membuat wedang uwuh, minuman sampah namun penuh dengan khasiat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Ditulis oleh Admin

anak pemalu dan pendiam

Anak Pemalu dan Pendiam, Penyebab dan Faktanya yang Bunda Wajib Tahu

gejala kolesterol tinggi

Gejala Kolesterol Tinggi? Atasi dengan Sayuran Penurun Kolesterol Terbaik