in

Penyebab Bisulan dan Cara Mengatasi Bisul Secara Alami

Tahukah anda apa sih penyebab bisulan dan bagaimana pula cara mengatasi bisul secara alami yang ampuh dan efektif? Mungkin anda pernah mengalami hal ini dan dibuat stress dari akibat yang ditimbulkannya. Apalagi jika bisulan di bagian pantat bisa capek karena tidak bisa duduk dengan nyaman.

Bisul atau bisulan merupakan penyakit yang umum terjadi dan dialami banyak masyarakat kita. Penyakit ini disebabkan terjadinya infeksi akibat kuman atau bakteri. Infeksi ini kemudian menimbulkan pembengkakan sehingga memunculkan adanya tonjolan. Tonjolan ini bisa berwarna berbeda dengan warna kulit akibat adanya nanah.

Mengenal Penyebab Bisulan

Bisulan bukanlah jenis penyakit yang berbahaya. Dengan penanganan yang tepat, gangguan ini bisa kok segera diatasi. Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, ataupun sejenis kuman. Bakteri yang umumnya menyebabkan bisulan adalah jenis stafilokokus.

Bisulan kebanyakan terjadi akibat kulit yang tidak bersih, terutama pada bagian lipatan tubuh. Karena itulah penyakit ini umumnya terjadi pada bagian tubuh itu, seperti di lipatan tangan, bagian ketiak, kaki, atai di sekitar pantat. Namun tak jarang pula bisul juga terjadi di paha, leher, atau bahkan di kepala.

Infeksi pada bisulan umumnya terjadi pada bagian akar (folikel) dari rambut kulit. Sedangkan tonjolan kulit yang menjadi bisul ini terasa nyeri dan berdenyut akibat peradangan yang terjadi. Bahkan tonjolan ini bisa berubah warnanya menjadi kemerahan hingga kekuningan. Pada bagian ujung tonjolan biasanya terlihat adanya titik bulatan putih.

Sebenarnya bisulan akan kempes dan sembuh sendiri jika tubuh memiliki daya tahan yang baik. Namun jika sebaliknya, maka perlu penanganan yang tepat agar kondisinya tidak menjadi semakin parah. Namun dalam menanganinya sebaiknya tidak dilakukan dengan asal-asalan agar tidak malah menimbulkan dampak yang lebih parah.

Cara Mengatasi Bisul Secara Alami

Banyak orang yang dibuat jengkel atau bahkan stres akibat bisulan. Apalagi jika rasa nyeri yang ditimbulkannya tak kunjung reda. Sakit bisul bisa jauh lebih membuat stres ketimbang sakit gigi.

Langkah terbaik cara mengatasi bisul adalah dengan mengempeskannya. Diantaranya dengan memecahkan bisul yang ada namun tanpa menimbulkan dampak yang menyebar. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit bisul.

Sebaiknya hindari memecahkan atau memencet bisul dengan menggunakan tangan kotor. Hal ini penting agar penyakit ini tidak malah merembet pada bagian tubuh lainnya.

Hindari memecahkan bisul saat kondisi bisul sedang memerah. Pada kondisi ini bakteri yang ada sedang melakukan serangan sehingga jika bisulnya pecah malah bisa menjalar pada bagian tubuh lain yang tersentuh.

Cara mengatasi bisul adalah dengan mempercepat proses pemasakan bisul. Caranya adalah dengan memberikan kompres dengan kain yang dibasahi air hangat dan menempelkannya pada bagian tubuh yang bisul. Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit. Sebaiknya lakukan hal ini beberapa kali sehari hingga bisulnya menjadi ‘matang’.

Setelah bisulnya menjadi ‘matang” sebaiknya biarkan pecah sendiri. Baru sesudah itu dijaga bagian kulit sekitar yang bisul agar tetap bersih dan terhindar dari nanah yang keluar.

Selain itu sebaiknya tutup bisul yang sudah pecah dengan menggunakan kapas bersih dan menutupnya dengan plester. Setelah itu ganti balutan kapasnya beberapa kali sehari agar selalu terjaga bersih dan kering. Jangan lupa setelah mengurus penyakit bisul anda segera mencuci tangan.

Namun jika bisul terjadi pada anda yang menderita penyakit gula darah atau diabetes sebaiknya segera diperiksakan ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat.

Demikianlah informasi tentang penyebab bisulan dan cara mengatasi bisl secara alami yang semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Admin

manfaat kayu manis

Manfaat Kayu Manis Tak Sekedar Pemanis Masakan Namun Ampuh Atasi Kanker

Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Ini Faktor Pentingnya!