mainan anak edukatif
in

Mainan Anak Edukatif dan Fungsinya sebagai Media Belajar

Last Updated on

Memberikan mainan anak edukatif sangat berguna untuk mengkondisikan dan merangsang potensi anak agar dapat berkembang secara optimal. Mainan anak memang ibarat pedang bermata dua, dimana masing-masing ujung menuju pada tujuan yang sangat berlainan.

Bagaimana cara memilih mainan anak edukatif? Saat ini banyak sekali jenis mainan anak-anak yang ada di pasaran. Sebagai produk industri, tentunya mainan dibuat berdasarkan visi bisnis dan untuk keuntungan bisnis. Apa yang menarik dan menguntungkan dari segi bisnis belum tentu mendidik dan aman apabila digunakan oleh anak-anak. Sehingga tidak mudah bagi kita para orang tua dalam memilih jenis mainan yang edukatif sekaligus aman.

Perlu diketahui bahwa tumbuh kembang anak setidaknya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu asupan gizi dan pengaruh lingkungan. Asupan makanan yang bergizi dan berkualitas, baik dari ASI maupun makanan lainnya sangat membantu perkembangan otak dan fisik anak.

mainan anak edukatif

Sedangkan faktor lingkungan, pengaruhnya datang dari orang tua, teman sebaya, atau orang lain yang ada didekatnya, maupun pengaruh media. Nah, untuk media ini, pengaruh yang cukup dominan bisa berasal dari media TV, radio atau tape, maupun mainan yang diberikan. Karena itu mainan anak cerdas tentu saja akan sangat membantu dan mendukung tumbuh kembang anak yang lebih baik.

Fungsi Mainan Anak Sebagai Sebagai Media Belajar

Mainan sebagai media belajar anak sangat penting dipahami para orang tua. Kita pun perlu memahami bahwa masa anak-anak merupakan periode bermain sekaligus belajar. Melalui interaksi dengan sekitarnya, seorang anak akan belajar dan mengenal berbagai hal.

Pembelajaran atau proses belajar sebenarnya bisa dilakukan melalui alat-alat permainan yang kita berikan untuk anak-anak kita. Mainan anak edukatif diterapkan dengan tujuan untuk merangsang seluruh potensi anak dengan cara mengikuti tumbuh kembang anak,

Nah, bagaimana memanfaatkan mainan anak edukatif sebagai media belajar anak, berikut beberapa tips yang sebaiknya Anda tahu.

1.Untuk anak berumur dibawah 1 tahun

Pada periode usia ini anak membutuhkan rangsangan terhadap indra penglihatan, pendengaran, maupun gerak motorik. Karena itu pilihlah jenis mainan yang dapat mengeluarkan suara maupun memiliki banyak warna. Tentunya lagi, mainan ini juga harus aman saat digigit atau masuk mulut anak karena anak suka memasukkan apapun ke dalam mulutnya..

2,Untuk anak usia 1 – 3 tahun

Pada periode usia ini, anak selalu ingin bergerak dinamis. Karena itu pilihlah jenis mainan yang bergerak untuk merangsang gerak motorik anak, seperti misalnya mobil-mobilan. Bentuk atau jenis mainan semacam ini juga berguna untuk mengenalkan dan mendekatkan anak dengan hasil-hasil teknologi modern.

3,Untuk anak usia 3 – 5 tahun (masa pra sekolah)

Untuk anak pada periode usia ini, pilihlah jenis mainan sebagai media belajar anak yang dapat mengajak anak berfantasi, seperti beragam jenis mainan yang digantung atau ditempel di langit-langit kamar. Pada saat ini anak juga bisa dikenalkan dengan mainan huruf ataupun angka sebagai persiapan memasuki dunia sekolah.

4,Untuk anak usia sekolah

Anak pada usia ini biasanya sudah dapat memilih sendiri mainan yang diinginkannya. Hal ini terutama akibat pengaruh televisi yang sering ditontonnya. Karena itu, kita perlu mengarahkan agar anak juga memilih jenis mainan yang mampu merangsang otak, seperti menyusun balok, membuat rumah dari potongan-potongan bagiannya, ataupun jenis lainnya. Di berbagai toko mainan banyak dijual jenis puzzle maupun mainan sebagai media belajar anak semacam ini yang dapat kita pilih.

Demikianlah informasi fungsi mainan anak edukatif dan sebagai media belajar yang penting dipahami para orang tua, semoga bermanfaat ya.

Ditulis oleh Admin

manfaat terapi jus buah dan sayur

Manfaat Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Sehat Alami

mainan boneka bayi

Manfaat Mainan Boneka Bayi dan Tips Memilihnya