Google Classroom untuk Android
in

5 Tips & Trik Menggunakan Google Classroom Untuk Siswa

Google Classroom adalah platform hebat untuk melakukan kelas virtual dan berbagi tugas dengan siswa. Karena pandemi COVID-19, sekarang Google Classroom digunakan oleh ribuan sekolah dan lembaga di seluruh dunia untuk pengajaran online. Jika kamu salah satunya, maka kamu harus mengetahui lima tips & trik Google Classroom untuk siswa yang akan membantu kamu dengan pembelajaran jarak jauh yang mudah dan efektif. Google Classroom untuk Android

Google Classroom hadir sebagai bagian dari aplikasi dari G Suite for Education. Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, dan web, dan dapat digunakan oleh guru untuk mengatur kelas virtual, memberikan tugas kepada siswa, menilai pekerjaan mereka, menjawab pertanyaan dan berkomunikasi dengan kelas.

Berikut adalah beberapa trik yang akan membantu kamu para siswa memahami fitur Google Classroom dan menggunakannya layaknya profesional.

Kirim Tugas melalui Google Apps

Sebagai salah satu produk Google, Classroom mendapat manfaat integrasi tanpa batas dengan layanan Google lainnya, termasuk Google Docs, Google Spreadsheet, Google Slide, dan Google Drawings. Kamu bahkan dapat menggunakan video YouTube dan file Google Drive untuk mengirimkan pekerjaan kamu.

Untuk mengaksesnya, buka bagian Classroom, dan buka tugas kamu. Di sini, klik + Add or Create di bawah tab Work. Kamu sekarang dapat menambahkan file, tautan, dan menggunakan layanan Google terintegrasi lainnya.

Buat Komentar Tersembunyi

Punya pertanyaan atau keraguan tetapi tidak ingin menanyakannya secara publik? Nah, di sinilah kamu dapat menggunakan fitur komentar pribadi di Google Classroom. Pada halaman tugas, tambahkan komentar kamu di tab Private Comment di sebelah kanan.

Komentar yang kamu ketik akan dikirim secara pribadi – tidak ada siswa lain yang dapat melihat atau bergabung dalam diskusi. Kamu harus menyadari bahwa komentar yang dibuat melalui bagian komentar reguler ditandai sebagai Class Comments dan dapat dilihat oleh semua orang.

Baca juga : Cara Mengirim Tugas/File di Google Classroom dengan Mudah dan Cepat

Kustomisasi Pemberitahuan

Terkadang, kamu mungkin terganggu oleh jumlah pemberitahuan dari Classroom. Ini bisa berupa komentar tentang diskusi yang sedang berlangsung, posting dari guru, nilai yang dikembalikan, atau work reminder – semua itu bisa melelahkan, terutama jika kamu terdaftar di beberapa kelas sekaligus.

Untuk menyesuaikan notifikasi, buka Classroom Settings dan atur preferensi kamu di bawah bagian Notifications. Kamu juga dapat mengelola notifikasi dari kelas secara individual melalui tab Class Notification.

Singkirkan Email dari Google Classroom

Google juga mengirimkan update pembaruan Kelas kepada kamu melalui email. Jika kamu terus update dengan pengerjaan tugas dan tidak ingin Google memberi tahu kamu melalui email, kamu dapat menonaktifkan opsi ini melalui dasbor kamu. Cukup buka Settings dan nonaktifkan Email di bawah Notifications.

Lacak Tugas Kamu

Kamu harus tetap mengetahui tugas yang diberikan dan tenggat waktu untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Untuk melakukannya dengan mudah, pergi ke bagian Classwork di kelas tertentu, dan pilih View your Work. Di sini, kamu akan melihat semua tugas kamu, termasuk tanggal jatuh tempo.

Jika secara tidak sengaja, kamu mengirimkan file yang salah atau tugas yang tidak lengkap, kamu dapat membatalkan kiriman dengan mengklik ‘Unsubmit.’ kamu dapat mengklik “Returned with grade” untuk melihat nilai yang diterima oleh guru kamu pada tugas yang dikirimkan.

Itulah 5 tips dan trik Google Classroom yang mudah bagi siswa untuk memanfaatkan studi kamu secara rutin di rumah. Bagaimana pengalaman kamu dengan Google Classroom sejauh ini? Apakah lebih baik, atau kamu lebih suka layanan lain? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Written by Momot Simomot

Deretan Aplikasi Android

4 Cara Mudah Uninstal Aplikasi yang Tak Diinginkan dari Ponsel Android Anda

Photoshop Kini Hadir di Android dengan Aplikasi Adobe Photoshop Camera