Ilustrasi Ponsel Nokia
in

Cara Membuat Baterai HP Nokia Anda Awet Seharian

Siapa bilang HP Nokia sudah punah? Apabila Anda amati berita teknologi dan smartphone saat ini, Anda bisa temukan info bahwa pabrikan yang begitu populer pada tahun 1990an sampai awal 2000an ini masih bertahan dengan merilis Windows Phone bersama Microsoft, sebelum akhirnya banting setir jadi smartphone Android. Belum percaya? Coba cek dan update dulu daftar harga HP 2020 dan buktikan sendiri, ya!

Hanya saja, meskipun smartphone punya segudang keunggulan berkat adanya berbagai fitur, ada satu masalah yang selalu menjadi “duri” bagi smartphone, apapun mereknya: baterai. Sebab, makin banyak fitur yang aktif makin banyak juga daya baterai yang tersedot. Hal ini pun juga bisa ditemukan pada smartphone Nokia.

Ilustrasi Ponsel Nokia

Walaupun kapasitas baterai sekarang makin besar, Anda tetap bisa melakukan trik untuk menghemat penggunaannya, lho! Jadi, smartphone Nokia Anda dijamin bisa awet seharian tanpa harus di-charge saat Anda beraktivitas, kan? Nah, kalau Anda sudah selesai memilih HP Nokia yang pas berdasarkan daftar harga HP Nokia sesuai budget dan kebutuhan, simak trik berikut ini agar baterai HP awet seharian!

Charge baterai sampai 100%

Ketika Anda sudah membeli smartphone Nokia dan menyalakannya untuk pertama kali, pastikan Anda menge-charge HP sampai baterainya full (100%). Kemudian, pastikan Anda juga selalu menge-charge smartphone sampai penuh setiap harinya agar baterai lebih awet,

Gunakan mode Battery Saver

Android punya mode Battery Saver untuk menghemat baterai dengan cara menyesuaikan tampilan layar serta parameter lainnya secara otomatis yang bisa memengaruhi baterai perangkat. Contohnya dengan menurunkan brightness/kecerahan dan menonaktifkan aplikasi di background yang masih aktif dan memuat data meskipun sedang tidak Anda buka. Dengan begitu, baterai jadi lebih awet, kan?

Optimasi baterai

Buka menu Settings > Battery dan akses opsi “Battery optimization”, di mana Anda bisa mengoptimasi baterai dengan mengurangi kinerja aplikasi yang tengah digunakan.

Cari aplikasi yang menyedot baterai

Aplikasi yang aktif terus-menerus berarti aplikasi akan meng-update isinya secara otomatis di background. Efeknya, baterai smartphone pun jadi terkuras. Nah, Anda bisa cari apa aplikasi yang paling banyak menyedot baterai pada menu Settings > Battery Settings untuk menemukan data penggunaan baterai yang mendetail. Dalam data tersebut, Anda pun bisa temukan apa saja aplikasi yang paling banyak menggunakan daya baterai sehingga Anda bisa nonaktifkan aplikasi tersebut.

Matikan notifikasi aplikasi jika tidak dibutuhkan

Buka Settings > Notifications dan pilih nama aplikasi apapun yang Anda inginkan, kemudian ubah opsi notifikasinya menjadi “disable”. Cara ini bisa Anda lakukan untuk aplikasi yang notifikasinya Anda rasa mengganggu, misal karena jumlah notifikasi yang dikirim setiap harinya terlalu banyak. Di samping itu, trik ini juga bisa bantu hemat baterai Nokia Anda, lho!

Written by Momot Simomot

Smartphone Lenovo

Anti Nge-Lag, Inilah 5 Cara Meningkatkan Performa Smartphone Lenovo Anda!

Para Pengguna Sosial Media

Ini Dia 4 Negara Dengan Pengguna Sosial Media Terbanyak di Dunia